BNPB melaporkan peta sebaran bencana alam di Indonesia pada 1 Januari hingga 7 Oktober 2023 di Indonesia. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Banjir dan cuaca ekstrem mendominasi kejadian bencana alam di Indonesia selama kurun 1 Januari hingga 7 Oktober 2023. Demikian dilaporkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dilansir dari laman BNPB di Jakarta, sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (8/10), tercatat total 3.089 kejadian bencana dalam kurun waktu tersebut. Sebanyak 898 kejadian di antaranya berupa banjir dan 862 lainnya adalah cuaca ekstrem.

Baca juga:  BPBD Segera Koordinasikan Rencana Pengungsian Warga Terunyan

Selanjutnya adalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mencapai 707 kejadian, tanah longsor 451 kejadian, kekeringan 121 kejadian, gelombang pasang dan abrasi 24 kejadian, gempa bumi 24 kejadian dan erupsi gunung api dua kejadian.

Sebaran lokasi kejadian bencana alam didominasi oleh Provinsi Jawa Barat mencapai 526 kejadian, Jawa Tengah 447 kejadian, dan Sulawesi Tengah 197 kejadian.

Dalam keterangan tersebut juga dilaporkan total jumlah korban meninggal dunia 205 jiwa, hilang 10 jiwa, 5.555 luka-luka dan terdampak, serta mengungsi 5.459.935 jiwa.

Baca juga:  Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada Banjir Lahar Dingin Sinabung

Bencana alam juga merusak 25.149 rumah penduduk dan 715 fasilitas publik dengan beragam tingkatan mulai yang rusak berat hingga ringan. “Akar permasalahan bencana hidrometeorologi baik basah maupun kering itu akibat dari kerusakan lingkungan, dan bencana yang terjadi tidak lepas dari aktivitas manusia atau human made disaster,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *