Ilustrasi - Gempa bumi yang tercatat oleh seismometer. (BP/Ant)

ISLAMABAD, BALIPOST.com – Gempa yang melanda wilayah barat laut Afghanistan pada Sabtu (7/10), menurut sejumlah pejabat setempat, menyebabkan setidaknya seribu orang tewas dan terluka.

Juru bicara Otoritas Manajemen Bencana Afghanistan Mullah Janan Saiq mengatakan, jumlah korban jiwa dapat bertambah, seraya menambahkan bahwa getaran menyebabkan kerusakan berat di barat laut provinsi Herat dan Badghis. “Tiga desa di provinsi Herat rusak total, ratusan warga masih terjebak di bawah reruntuhan,” ungkap Saiq kepada Anadolu melalui sambungan telepon, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (8/10).

Baca juga:  Kecelakaan, Anak Belum Cukup Umur Tewas

Dia menambahkan, sulit untuk mengetahui jumlah pasti korban jiwa, namun sejauh ini pejabat setempat melaporkan 1.000 orang tewas.

Menurut Survei Geologi (USGS), gempa kuat dengan magnitudo 5,5-5,9-dan 6,2 telah mengguncang provinsi-provinsi Afghanistan. Dikatakan pusat gempa berada 40 kilometer barat laut kota Herat.

Organisasi Kesehatan Dunia wilayah Afghanistan mengatakan timnya berada di rumah sakit-rumah sakit memberikan bantuan perawatan bagi mereka yang terluka dan memeriksa kebutuhan tambahan. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Jumlah Kasus COVID-19 Harian Nasional Lampaui 1.900 Orang
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *