Telkomsel memperluas jaringan 5G untuk meningkatkan kenyamanan pengguna layanan digital, khususnya delegasi KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN akan berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta. Untuk menjaga kenyamanan delegasi dalam melakukan komunikasi dan layanan digital, Telkomsel memperluas cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan 7 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan KTT ke-43 ASEAN.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, dalam rilisnya, Telkomsel telah memastikan kesiapan infrastruktur guna menjaga kenyamanan akses komunikasi bagi perwakilan dan delegasi negara-negara Asia Tenggara serta negara-negara lainnya sebagai undangan. Komitmen ini menjadi upaya Telkomsel untuk melanjutkan kontribusi dalam memperkuat relevansi Indonesia sebagai bagian dari ASEAN untuk merespon tantangan kawasan maupun global dan memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan yang membuka lebih banyak peluang kemakmuran bagi anggota ASEAN.

Baca juga:  Selama RAFI, Konsumsi Layanan Data Telkomsel Naik 22,8 Persen

Telkomsel sendiri telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di lebih dari 2.590 BTS broadband, termasuk tambahan 149 BTS 4G/LTE dan mengoperasikan 5 Compact Mobile BTS (COMBAT) guna mengantisipasi potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi di sejumlah area, seperti penginapan, seluruh lokasi rangkaian kegiatan KTT ke-43 ASEAN, titik-titik transit transportasi seperti bandara hingga destinasi wisata.

“Melanjutkan keberhasilan sebelumnya dalam memastikan akses jaringan broadband berteknologi terdepan untuk mendukung kenyamanan konektivitas digital seluruh delegasi pada KTT ke-42 ASEAN yang dilaksanakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Mei 2023 lalu, Telkomsel konsisten untuk terus berpartisipasi aktif dan berkontribusi terhadap kelancaran pelaksanaan rangkaian kegiatan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta,” ujarnya.

Baca juga:  Di AIPF, Dirut BRI Bicara Transformasi Digital dan Pemberdayaan UMKM

Ia juga mengatakan Telkomsel menjamin ketersediaan ragam produk dan layanan digital unggulan, seperti menyiapkan dan memastikan sejumlah Kartu Prabayar Tourist Edisi KTT ASEAN 2023 dengan kuota data hingga 200 GB. Di samping itu, titik layanan pelanggan Telkomsel juga telah disiapkan pada sejumlah titik lokasi.

Bagi perwakilan delegasi KTT ke-43 ASEAN yang menggunakan layanan dari negara asal, dapat mengaktifkan layanan international roaming di Indonesia. Telkomsel memastikan para delegasi akan mendapatkan kenyamanan konektivitas digital yang prima karena kerja sama dengan 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia.

Sebagai bagian dari Telkom Group, Telkomsel juga turut berpartisipasi mendukung kegiatan the ASEAN-Indo Pacific Forum (AIPF) yang akan digelar pada 5-6 September 2023 di Hotel Mulia Jakarta. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri RI dan Kementerian BUMN RI ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023.

Baca juga:  Pascagempa, Telkomsel Upayakan Jaringan Beroperasi Normal

Pada kegiatan tersebut, Telkomsel akan berpartisipasi pada bidang Creative Economy dengan menghadirkan showcase terkait INDICO yang mengelola platform dan portofolio bisnis digital Telkomsel di berbagai sektor, yakni Digital Food Ecosystem (agritech), Fita (health-tech), Kuncie (edu-tech), dan Majamojo (gaming) yang memiliki tujuan untuk mendorong penguatan inklusi ekosistem digital dan ekonomi kreatif digital di Indonesia. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *