Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) Luncurkan projek Sustainable Mobility Advancing Real Tranformation Ubud (SMART@Ubud), di Sens Hotel, Peliatan, Ubud, Kamis (24/8). (BP/Ist)

GIANYAR, BALIPOST.com – Sebagai upaya realisasi Rencana Aksi Daerah (RAD) Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Bali, Pemerintah Provinsi Bali bekerjasama dengan Toyota Mobility Foundation meluncurkan model transportasi ramah lingkungan berbasis transportasi umum di Ubud. Yaitu, projek Sustainable Mobility Advancing Real Tranformation Ubud (SMART@Ubud)

Peluncuran dilakukan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) dan Exexutive Program Director TMF Prash Ganesh, di Sens Hotel, Peliatan, Ubud, Kamis (24/8).

Baca juga:  Masuk Zona Awas, 60 LPD di Karangasem Peroleh Dana Penyangga Likuiditas

Projek ini merupakan kombinasi dari berbagai upaya yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan melalui Penyediaan Trans Metro Dewata, Penyediaan first miles/last miles oleh TMF, Penataan Parkir dan Pedestrian oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar. Projek akan melingkupi penyediaan shuttle on demand di Ubud dan konektivitas Angkutan Umum Trans Metro Dewata yang berbasis aplikasi l dan penyediaan titik henti yang dilengkapi informasi digital angkutan umum.

Baca juga:  Sembilan Orang di Desa Tegalbadeng Barat Dimintai Keterangan Dugaan Penyelewengan Dana Desa 

Ubud menjadi projek sandboxing pertama yang dilaksanakan secara siatematis dalam kerangka RAD KBLBB Bali setelah penerapan sistem shuttle di lingkungan Kawasan Besakih dan sistem sewa kendaraan listrik di ITDC Nusa Dua. Projek SMART@Ubud diharapkan dapat menghasilkan model bisnis yang baik yang dapat diterapkan dalam rangka meningkatkan sinergi kawasan dan sistem angkutan umum berbasis digital dan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Operasionalisasi kerjasama dalam inisatif ini dieksekusi oleh Perumda Kerthi Bali Santhi bersama Yayasan Bina Wisata Ubud.

Baca juga:  Perbaikan Tanpa Pemadaman, PLN Distribusi Bali Andalkan PDKB

Projek ini diharapkan memberikan dampak terhadap transformasi pergerakan di kawasan Ubud dari pergerakan privat menjadi pergerakan berbasis angkutan umum. Sehingga membantu Ubud mengatasi kemacetan dan memperbaiki lingkungan Ubud. Selain bermanfaat untuk Ubud, model ini akan dikembangkan untuk kawasan lain di Bali untuk mendorong terwujudnya Sustainable Tourism di Bali. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN