Kebakaran lahan hampir melahap rumah dan pura. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kebakaran lahan kering kembali terjadi di wilayah Desa Tianyar Barat, Kubu, Karangasem, Sabtu (19/8). Kebakaran nyaris melalap rumah dan pura yang lokasinya berada cukup dekat dengan kejadian tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Karangasem, I Made Agus Budiasa, Minggu (20/8) mengungkapkan laporan awal kebakaran lahan bambu terjadi di dekat perumahan warga di wilayah Desa Tianyar Barat. Akan tetapi, saat anggota meluncur tiba-tiba masuk laporan kebakaran lahan mente di wilayah Banjar Dinas Dukuh, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu.

Baca juga:  Ini, Persyaratan Pura Dijadikan Destinasi Wisata di Gianyar

“Awalnya tim meluncur ke lokasi kebakaran lahan bambu di Desa Tianyar Barat, tapi saat perjalanan ada laporan lain masuk dari Desa Dukuh. Sehingga, kita langsung bagi dua tim untuk melakukan penanganan ke lokasi,” ucap Budiasa.

Budiasa mengatakan kebakaran lahan bambu di Desa Tianyar Barat mencapai setengah hektare. Posisi lahan terbakar hanya jarak sekitar 100 meter dari rumah warga.

Sementara untuk kebakaran lahan di Desa Dukuh, sedikitnya menghanguskan sekitar 2 hektar lahan mente. “Bahkan titik kebakaran juga nyaris melalap bangunan Pura Dalem dan rumah warga di dekat lokasi, untung sebelum api mendekat petugas berasil memadamkan api,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Tak Sesuai Pakem, Warga Protes Proyek Monumen Perang Kusamba
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *