Gubernur Bali, Wayan Koster meraih pengharhaan Pemimpin Daerah Terpopuler di Media Arus Utama 2023 dari Ketua Umum SPS, Januar Primadi Ruswita serangkaian peringatan HUT Ke-77 SPS yang berlangsung di Jaya Sabha, Denpasar, Jumat (11/8). (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster di Pemerintah Provinsi Bali menuai berbagai prestasi. Gubernur Koster mencetak ‘hattrick’ penghargaan dari Serikat Perusahaan Pers (SPS).

Pertama, Gubernur Koster dianugerahi penghargaan sebagai Pemimpin Daerah Terpopuler di Media Arus Utama 2023. Kedua, Gubernur Koster dianugerahi penghargaan Lontar Award 2023, karena dinilai sebagai sosok pemimpin yang berjasa dalam memajukan industri dan ekosistem Pers. Dan ketiga, Gubernur Koster mengantarkan Pemerintah Provinsi Bali meraih penghargaan tertinggi ‘Lestari Award 2023’ dari organisasi Serikat Perusahaan Pers, karena dinilai berhasil menjaga keberlanjutan warisan budaya sebagai tiang penyangga pers lokal.

Ketiga penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Umum SPS, Januar Primadi Ruswita kepada Gubernur Koster serangkaian acara Rakernas SPS di Bali dan peringatan HUT Ke-77 SPS yang berlangsung di Jaya Sabha, Denpasar, Jumat (11/8). Selain Gubernur Koster, penghargaan yang sama juga diterima oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, dan Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah sebagai Pemimpin Daerah Terpopuler di Media Arus Utama 2023.

Baca juga:  Gubernur Bali: Gunung Agung Belum Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Bali

Untuk kategori Pemimpin Kementrian / Lembaga Terpopuler di Media Arus Utama 2023 diraih oleh Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN RI, Erick Thohir, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Mahendra Siregar, dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo.

Ketua Umum SPS menyampaikan SPS telah ada sejak tahun 1946 sebagai organisasi alat perjuangan dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia melalui Pers Nasional. Atas terselenggaranya Rakernas SPS dan peringatan HUT Ke-77 SPS di Bali, SPS seluruh Indonesia mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi – tingginya atas kepemimpinan Gubernur Koster dengan menjadikan pers sebagai mitra kerja untuk menjalankan visi Pembangunan Bali, yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Baca juga:  Digempur Kecepatan Informasi dan Algoritma, Pers Tanpa Inovasi Digital Tak akan Mampu Bertahan

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali mendapatkan ‘applause’ tepuk tangan dari seluruh anggota SPS di Indonesia, karena Gubernur Koster adalah pemimpin daerah yang menjadikan pers sebagai mitra kerjanya untuk mendukung keterbukaan informasi publik, pemimpin yang mampu menjaga keberlanjutan warisan seni budaya Bali, memberikan keberpihakan terhadap produk lokal Bali dengan berjuang menghentikan produk impor ke Bali, pemimpin daerah yang bekerja keras dalam mengendalikan pandemi Covid-19, hingga menjadikan Bali sebagai salah satu Provinsi terbaik dalam penanganan pandemi Cobid-19 dengan capaian tercepat dan tertinggi melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Di tangan Wayan Koster, Bali juga menjadi provinsi pertama di Indonesia yang paling berani memberlakukan kebijakan wisatawan mancanegara (Wisman) masuk Bali tanpa karantina pada tanggal 7 Maret 2022, dengan hasil kunjungan Wisman dan wisatawan domestik (Wisdom) ke Bali meningkat ditandai dengan pada bulan Mei – Juli dan awal Agustus 2023 kedatangan Wisman ke Bali telah mencapai di angka 18 ribu sampai 19 ribu per hari. Sedangkan Wisdom ke Bali per harinya mencapai 13 ribu sampai 14 ribu.

Baca juga:  Kejari Bantu Selamatkan Aset Milik Daerah

Gubernur Koster dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun kepada SPS Ke-77. Diharapkan, Pers terus bisa berperan aktif mengikuti perkembangan zaman, berkontribusi dalam memajukan pembangunan bangsa, mendorong perkembangan demokrasi di Indonesia, memberikan edukasi kepada masyarakat dan membangun partisipasi masyarakat agar pembangunan di Indonesia terus berjalan dan terkawal dengan baik sesuai cita – cita pemimpin terdahulu. Karena, Presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno telah mewariskan ajaran kepada semua, bagaimana agar kita membangun bangsa ini bisa lebih maju di dalam menghadapi perkembangan dan persaingan dunia global. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN