Ketua PHDI Provinsi Bali, I Nyoman Kenak. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Minggu (24/7), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Beredar Info “Penampahan” Galungan Digelar Senin, Ini Kata PHDI Bali

DENPASAR, BALIPOST.com – Beredar informasi di kalangan masyarakat dan umat Hindu, agar pelaksanaan Penampahan Galungan dimajukan ke Senin, 31 Juli 2023. Hal ini dikarenakan Hari Penampahan Galungan, Selasa (1/8) bertepatan dengan Rahina Purnama.

Ketua PHDI Provinsi Bali, I Nyoman Kenak, Minggu (23/7) membenarkan beredarnya informasi tersebut. Namun, setelah mendapat arahan dari Ida Dharma Upapati Paruman Pandita PHDI Provinsi Bali, ia menegaskan bahwa pelaksanaan Penampahan tetap dilaksanakan seperti apa yang sudah ditradisikan manut dresta masing-masing, yakni pada Selasa.

Selengkapnya baca di sini

2. Palebon Ida Anak Agung Istri Mas, Simak Pengalihan Arus Lalin di Pusat Kota Gianyar

GIANYAR, BALIPOST.com – Puncak Palebon Ida Anak Agung Istri Mas akan digelar di Puri Agung Gianyar Senin 24 Juli 2023. Kapolsek Gianyar Kompol I Gede Sudyatmaja, S.H, M.H, Minggu (23/7) mengatakan dalam acara puncak pelebon akan dilaksanakan pengalihan arus di seputar Puri Agung Gianyar (Pusat Kota Gianyar) mulai pukul 08.00 WITA sampai Lembu dan Bade sampai di Setra Beng.

Baca juga:  Pengamanan IMF-WB, Jika GA Erupsi Disiapkan Jalur Evakuasi dan Puluhan Pesawat

Pengalihan arus lalin saat pelaksanaan Pelebon di Puri Agung Gianyar ini meliputi kendaraan arah Timur Klungkung dan Bangli akan dialihkan ke Simpang Payal atau Simpang Pasdalem dari Lapangan Alun-alun Gianyar mengarah ke kiri. Selanjutnya dari arah Barat (Denpasar dan Ubud) akan dialihkan Simpang RS Sanjiwani dan Simpang BPD akan diarahkan ke Jalan Kesantrian.

Selengkapnya baca di sini

3. Parkir Sembarangan di Kuta, Puluhan Motor Digembosi

MANGUPURA, BALIPOST.com – Puluhan kendaraan roda dua yang parkir sembarangan di Wilayah Kuta, digembosi petugas gabungan, Sabtu (22/7). Upaya meminimalisir kemacetan di kawasan pariwisata ini menyasar pusat-pusat keramaian, yakni Jalan Kartika Plaza dan Jalan Pantai Kuta.

Baca juga:  Saat Pencoblosan, 3 TPS di Bali Ini akan Dikunjungi Delegasi IPU dari 30 Negara

Ketua LPM Kuta, Putu Adnyana saat dikonfirmasi, Minggu (23/7) membenarkan bersama tim gabungan dari LPM Kelurahan Kuta, Dinas Perhubungan Badung, Polsek Kuta, Danramil Kuta, Linmas Kuta, dan Bakamda Desa Adat Kuta menindak kendaraan yang parkir sembarangan di wilayah Kuta.

Selengkapnya baca di sini

4. Bandara Ngurah Rai Tercatat Melayani Penumpang dan Pesawat Udara Terbanyak

JAKARTA, BALIPOST.com – Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) melayani jumlah pergerakan penumpang dan pesawat udara terbanyak pada periode semester I 2023. Bandara yang merupakan pintu gerbang udara Pulau Bali tersebut mencatat telah melayani 9,7 juta pergerakan penumpang dan 64.648 pergerakan pesawat udara sepanjang paruh pertama tahun 2023.

“I Gusti Ngurah Rai Bali sekaligus merupakan bandara Angkasa Pura I (AP I) yang mencatatkan pertumbuhan penumpang tertinggi dari 15 bandara yang kami kelola pada periode semester I tahun 2023,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (21/7).

Baca juga:  Dari Kapal AL China Bantu Evakuasi KRI Nanggala-402 hingga Singapura Deteksi Kluster COVID-19

Selengkapnya baca di sini

5. Dikeluhkan Warga Karena Bau Tak Sedap, TPST Kertalangu Stop Sementara Pengiriman Sampah

DENPASAR, BALIPOST.com – Bau sampah yang dikelola TPST Kesiman Kertalangu hingga kini belum mampu diatasi pengelola. Bahkan, keluhan warga semakin keras.
Sejumlah warga di dekat TPST berkali kali melayangkan protes, karena terdampak bau tak sedap. Kondisi ini pun mendapat perhatian Pemkot Denpasar.

Pertemuan dengan warga pun sempat dilakukan dengan menghadirkan Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa Jumat (21/7) malam. Dikonfirmasi, Minggu (23/7) Wawali Arya mengatakan, permasalahan sampah saat ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Denpasar. Namun demikian, keluhan masyarakat terkait bau juga penting lantaran berpengaruh terhadap kenyamanan masyarakat.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *