DTW Tanah Lot. (BP/Dokumen)

TABANAN, BALIPOST.com – Art and Food Festival IV di kawasan Tanah Lot telah berakhir pada hari Minggu (25/6). Dalam empat hari pelaksanaan festival ini, manajemen  (DTW) Tanah Lot mencatat adanya peningkatan kunjungan yang signifikan dibandingkan dengan festival sebelumnya, terutama setelah tiga tahun tidak adanya festival tersebut.

Menurut data, lonjakan kunjungan terbesar terjadi pada Sabtu (24/6), dengan jumlah pengunjung mencapai angka 10 ribu. Angka ini dihitung hanya melalui tiket masuk. Angka tersebut belum termasuk pengunjung yang datang pada malam hari yang juga ramai. Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat terhadap festival ini setelah masa pemulihan dari pandemi Covid-19.

Baca juga:  Sukses Pecahkan Rekor MURI, Hello Pacitan Jadi Idola Surfer Baru

Manajer DTW Tanah Lot Made Sudiana, menyatakan bahwa berbagai pertunjukan seni dan budaya, termasuk penampilan penyanyi lokal, berhasil menarik perhatian pengunjung yang merindukan hiburan setelah adanya pembatasan selama pandemi Covid-19. “Ikut melihat tren tahun ini, antusiasmenya lebih tinggi karena festival ini digelar kembali setelah tiga tahun vakum. Meskipun kunjungan masih sedikit kalah dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ini mungkin karena kita masih dalam proses pemulihan pascapandemi. Namun, perbedaannya tidak terlalu signifikan,” ujar Sudiana.

Baca juga:  Pemugaran di Pura Luhur Tanah Lot Mulai Digarap

Meskipun menghadapi tantangan selama pandemi, manajemen DTW Tanah Lot tetap berupaya keras dalam melakukan promosi, dengan harapan Tanah Lot tetap menjadi salah satu tujuan wisata utama yang banyak dicari di internet. Dengan berakhirnya festival keempat ini, manajemen akan melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas festival baik dari segi penampilan maupun penyajian.

“Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sangat terbantu. Terbukti, lokasi parkir cadangan yang digunakan untuk pedagang urban memberikan kontribusi besar pada acara ini sehingga semakin memicu antusiasme pengunjung untuk datang,” jelas Sudiana.

Baca juga:  Pengerupukan, DTW di Tabanan Perpendek Jam Operasional

Berdasarkan data, kunjungan pada hari pertama festival, Kamis (22/6), tercatat 8.286 pengunjung. Sementara, pada Jumat (23/6), sebanyak 7.644 pengunjung, dan Sabtu (24/6), mencapai 10.588 pengunjung.

Festival Tanah Lot tahun ini telah sukses menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung dengan pertunjukan seni yang memukau, makanan lezat dan atmosfer yang memikat. Diharapkan festival di masa mendatang akan semakin meningkat dan memberikan kontribusi yang lebih besar. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN