Gubernur Bali, Wayan Koster hadiah kepada para pemenang lomba Bali Digifest II Tahun 2023 pada acara Penutupan Bali Digifest II Tahun 2023 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Bali, Minggu (4/6) malam. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster didampingi Ny. Putri Suastini Koster, beserta Pimpinan dan Anggota DPRD Bali, Wakapolda Bali, Brigjen Pol. I Ketut Suardana, Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra, dan Kepala Diskominfos, Gede Pramana secara resmi menutup Bali Digital Festival (Digifest) II tahun 2023 di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Bali, Minggu (4/6) malam. Penutupan ditandai dengan pemukulan drum yang dimeriahkan hiburan musik dari Allien Child, Joni Agung & Double T, serta Scared of Bumbs.

Gubernur Koster menyampaikan Bali Digifest II Tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 2-4 Juni 2023 telah berjalan lancar dan sukses. Kepada para peserta yang ikut dalam acara ini diharapkan dapat menimba ilmu pengetahuan. Khususnya pengetahuan teknologi digital yang menjadi wahana perkembangan modern saat ini, dan Bali mampu merespon dengan cepat perkembangan ilmu pengetahuan teknologi digital. “Bali adalah satu – satunya Provinsi di Indonesia yang menyelenggarakan Digital Festival,” ujar Gubernur Bali jebolan ITB ini yang disambut dengan nada keren dan mantap oleh para milenial yang memadati panggung terbuka Ardha Candra.

Gubernur Koster mengatakan Bali memiliki sumber daya manusia yang bertalenta di dunia digital. Ke depan sumber daya manusia dibidang digital ini akan berperan menghadapi perkembangan zaman yang semakin modern. Oleh karena itu, ia telah mencanangkan Bali Digifest ini terus berlanjut setiap tahun yang dilaksanakan bertepatan pada rahina Tumpek Landep. Bali Digifest merupakan kombinasi kearifan lokal dengan perkembangan dunia global, supaya kearifan lokal Bali bisa tetap eksis di tengah – tengah arus perkembangan teknologi digital. Perkembangan teknologi jangan sampai mematikan kearifan lokal Bali, namun kearifan lokal Bali dengan teknologi digital harus berjalan bersama, mampu berkembang, tumbuh secara bersama – sama, saling menguatkan satu sama lain, dan membangun suatu peradaban untuk kemajuan Bali di masa yang akan datang.

Baca juga:  Buka ICFBE 2021, Gubernur Koster Paparkan Konsep Ekonomi Kerthi Bali

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua peserta yang telah berperan aktif sekaligus mensukseskan acara Bali Digital Festival. Kita bangga, Bali mampu mengakomodasi perkembangan zaman dengan mempertahankan dan melestarikan tradisi, seni budaya, dan kearifan lokal Bali. Saya pesan kepada adik – adik generasi muda agar ikut menjaga Bali, supaya Bali tetap eksis serta bersaing ditengah – tengah perkembangan dunia yang semakin modern,” tandas Gubernur Koster.

Penutupan Bali Digifest II tahun 2023 juga dimeriahkan dengan acara penyerahan piala dan penghargaan dari Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Agus Sistyo Widjajati bersama Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma kepada pemenang Lomba Ide Kreatif “Banjar Digital : Inovasi Membangun Bali” kategori SMA/SMK kepada Komang Trinita Cahyani dari SMAN 2 Kuta sebagai Juara I. I Putu Ary Raditya dari SMAN Bali Mandara sebagai Juara II, dan Adeline Gianella Lukito dari SMAS Tunas Daud sebagai Juara III. Serta kepada pemenang Lomba Ide Kreatif “Banjar Digital : Inovasi Membangun Bali” kategori Mahasiswa/Umum kepada Made Andy Kurnia Prayoga dari Sangkara sebagai Juara I, I Made Wahyu Pradipta dari Universitas Udayana sebagai Juara II, dan Gede Andry Dewa Kusuma dari STMIK Primakara sebagai Juara III.

Baca juga:  Bali Dibuka untuk Wisman, Gubernur Koster Minta Krama Bali Tetap Taat Prokes

Gubernur Koster menyerahkan hadiah, diantaranya dalam kompetisi Lomba Bug Bounty kepada Galatia Sijabat sebagai Juara I dengan hadiah Rp5 juta, Roholesi Talaohu sebagai Juara II dengan hadiah Rp3 juta, dan Agung Saputra Ch Lages sebagai Juara III dengan hadiah Rp2 juta. Digital Art kepada I Gusti Ngurah Agung Yuda Putra sebagai Juara I dengan hadiah Rp5 juta, I Gusti Made Sathya Dharmawan sebagai Juara II dengan hadiah Rp3 juta, dan I.G.A Ngurah Bagus Rama Pranawa sebagai Juara III dengan hadiah Rp2 juta. Virtual Reality Nyomia Bhutakala kepada I Kadek Ari Melinia Antara sebagai Juara I dengan hadiah Rp5 juta, I Putu Gede Krishna Wilantara sebagai Juara II dengan hadiah Rp3 juta, dan I Ketut Edy Mardyana sebagai Juara III dengan hadiah Rp2 juta. Startup Pitch kepada Goesto Digital sebagai Juara I dengan hadiah Rp5 juta, Keenan Supercar sebagai Juara II dengan hadiah Rp3 juta, dan Semotif sebagai Juara III dengan hadiah Rp2 juta. E-Sport : Free Fire kepada Dewa United Bali Team sebagai Juara I dengan hadiah Rp5 juta; Esi Jembrana Team sebagai Juara II dengan hadiah Rp3 juta, dan Cunly Team sebagai Juara III dengan hadiah Rp2 juta. E-Sport : Pubgm kepada Frost Ngeyeg Team sebagai Juara I dengan hadiah Rp5 juta, Frost Lord Team sebagai Juara II dengan hadiah Rp3 juta, dan T.E.A.M Dao Goji sebagai Juara III dengan hadiah Rp2 juta. E-Sport : Mobile Legend kepada T.E.A.M Dao Alphasebagai Juara I dengan hadiah Rp5 juta, Team Vagos sebagai Juara II dengan hadiah Rp3 juta, dan Dewa Murphy sebagai Juara III dengan hadiah Rp2 juta. E-Sport : Battle Of Guardians kepada Muhammad Syafei sebagai Juara I dengan hadiah Rp8 juta, M. Kiki Baehaki sebagai Juara II dengan hadiah Rp3 juta, dan I Kadek Lucky Arta Putra sebagai Juara III dengan hadiah Rp1 juta. Dan E-Sport : Lokapala kepada SMAN 1 Negara sebagai Juara I dengan hadiah Rp20 juta, Dewa United Bali Community sebagai Juara II dengan hadiah Rp15 juta, Ethen Bhatara sebagai Juara III dengan hadiah Rp10 juta, dan Fames sebagai Juara IV dengan hadiah Rp5 juta.

Baca juga:  Gubernur Koster: Tindak Tegas Penjual dan Produsen Arak Gula

Selain itu, Gubernur Koster juga memberikan penghargaan Sensus Desa Adat Kreta Bali Swatantra Nugraha kepada Desa Adat Dharmajati Tukadmungga, Desa Adat Dalem Setra Batununggul , Desa Adat Seribatu, Desa Adat Peraupan, Desa Adat Guwang, Desa Adat Banyubiru, Desa Adat Banjar Anyar, Desa Adat Anggungan, dan Desa Adat Nangka. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *