Suasana pernikahan di Desa Adat Seraya, Karangasem. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (29/5) sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Pinang Perempuan ke Desa Adat Seraya Mesti Siapkan “Banten Mapekandal”

AMLAPURA, BALIPOST.com – Desa adat di Karangasem masing-masing memiliki tradisi yang hingga saat ini masih dilestarikan. Karena tradisi dan kepercayaan yang merupakan warisan leluhur tersebut masih dipegang oleh desa setempat.

Seperti yang ada di Desa Seraya. Jika seorang pria ingin meminang perempuan ke Desa Adat Seraya, Kecamatan Karangasem, harus melakukan upakara mapekandal. Dimana banten yang dihaturkan harus berisi babi guling.

Selengkapnya baca di sini

2. Meningitis Merebak di Buleleng, RSUD Rawat 2 Kasus Positif dan Sejumlah Pasien Suspek

Baca juga:  Buleleng Kembali Catatkan Pasien Positif COVID-19 Sembuh

SINGARAJA, BALIPOST.com – Pascaperayaan Hari Suci Pagerwesi, penyakit Meningitis merebak di Buleleng. RSUD Buleleng merawat sejumlah pasien yang mengarah ke Meningitis Strepcoccus Suis (MSS).

Bahkan, dari total 8 pasien yang kini dirawat, 2 diantaranya sudah dipastikan positif. Dikonfirmasi Senin (29/5), Dokter Spesialis Neurologi RSUD Buleleng, Luh Putu Lina Kamelia menjelaskan, semua pasien yang dirawat saat ini diterima sekitar sepekan lalu. Mereka rata-rata memiliki keluhan demam, nyeri kepala dan kaku pada leher, bahkan kehilangan kesadaran.

Selengkapnya baca di sini

3. Pembakaran Rumah Nyaris Terjadi di Dekat Polda

DENPASAR, BALIPOST.com – Kepanikan terjadi di rumah, Jalan Supratman, Denpasar Timur (Dentim), Senin (29/5). Seorang pria berinisial GSW hendak membakar rumahnya di timur Mapolda Bali itu dengan menyiram bensin.

Baca juga:  Puluhan Duktang Terjaring di Legian

Untung saja anggota Polda Bali berhasil menenangkan pelaku. Selain itu pelaku sudah diberi uang oleh bibinya. “Informasi yang kami peroleh kejadiannya pukul 11.30 Wita. Yang bersangkutan (GSW) menyiram besin dan mau bakar rumahnya karena ada masalah keluarga. GSW pernah dirawat di RSJ Bangli selama 3 bulan,” kata Kapolsek Dentim Kompol Nengah Sudiarta.

Selengkapnya baca di sini

4. Ini, Tujuan Reklamasi Pantai Melasti dan Aliran Dananya

DENPASAR, BALIPOST.com – Penyidik Subdit II Ditreskrimum Polda Bali telah menetapkan lima tersangka kasus reklamasi Pantai Melasti. Rencananya setelah reklamasi seluas 2,2 hektare akan dibangun beach club.

Sedangkan investor telah menggelontorkan dana Rp 9 miliar dengan rincian Rp 4 miliar untuk reklamasi dan Rp 5 miliar untuk sumbangan ke desa adat. “Itu hasil penyelidikan yang kami lakukan. Reklamasi ini sudah berlangsung sejak Februari 2018,” kata Kasubdit II Ditreskrimum Polda Bali AKBP I Made Witaya, saat mendampingi Kabid Humas Kombes Pol. Satake Bayu, Senin (29/5).

Baca juga:  Plafon RS Pratama Kubu Jebol

Selengkapnya baca di sini

5. Pembunuhan WN Australia di Kafe, Tersangka Dilimpahkan ke Kejari Badung

MANGUPURA, BALIPOST.com – Berkas kasus pembunuhan warga negara Australia, Troy Mccallum Scott Johnston ditangani penyidik Polsek Kuta Selatan (Kutsel) dinyatakan lengkap (P-21) oleh Kejari Badung. Oleh karena tersangka I Gede Wijaya, barang bukti dan berkas perkaranya dilimpahkan ke Kejari Badung, Senin (29/5).

Penyerahan tersebut dilakukan penyidik dipimpin Panit 2 Opsnal Polsek Kutsel Ipda I Putu Gede Susila dan diterima Jaksa Penuntut Umum Kejari Badung Si Ayu Alit Sutari Dewi.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *