Babi Guling Pak Dobiel. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Babi Guling merupakan salah satu makanan khas yang mudah dicari saat berlibur di Bali. Masakan ini berbahan dasar seekor babi utuh yang dibakar di atas bara api dengan cara diputar-putar sampai kulitnya garing dan kecoklatan. Tentunya sebelum dibakar, babi terlebih dulu dimbumbui dengan basa genep (bumbu rajang khas Bali).

Dagingnya kemudian dipotong-potong dan disajikan bersama nasi hangat, lawar, sate lilit, dan sambal embe. Makanan ini merupakan favorit bagi kebanyakan wisatawan yang berlibur di Bali.

Jika kamu pecinta babi guling, tak ada salahnya kamu kunjungi 5 warung ini. Sebab, warung-warung ini tak hanya banyak dikunjungi warga lokal, orang luar Bali juga banyak yang menjadi penggemar setianya lho. Berikut 5 warung yang wajib dikunjungi pecinta babi guling, dikutip dari berbagai sumber :

1. Warung Babi Guling Candra

Warung Babi Guling Candra ini cukup terkenal di kalangan wisatawan yang berlibur ke Bali. Sejak warung di Jl. Teuku Umar ludes terbakar, mereka pindah ke Jl. Pulau Yapen No. 14, Denpasar. Lokasinya tak begitu jauh dari warung di Jl. Teuku Umar.

Baca juga:  Euforia Babi Guling Bali

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 22.00 WITA. Perkiraan harga rata-rata Rp100.000 untuk dua orang. Harga menu makanan mulai dari Rp35.000, sedangkan untuk minuman mulai Rp7.000.

2. Warung Babi Guling Pak Dobiel

Warung babi guling paling enak di Bali berikutnya ada di daerah Nusa Dua, tepatnya di Jl. Srikandi No 9. Aneka kuliner berbahan daging babi yang ada di Warung Babi Guling Sari Dewi atau lebih terkenal dengan sebutan Warung Pak Dobiel ini, juga tidak kalah lezat, bahkan kedainya selalu diserbu para pelanggan.

Selain itu, bumbu yang digunakan juga masih menggunakan bumbu khas Bali yaitu, base genep yang terdiri atas bawang putih, bawang merah, laos, kencur, cabai rawit, sereh, kemiri, jahe, kunyit dan beberapa bumbu lainnya. Untuk 1 porsinya, pelanggan memperoleh nasi, babi guling yang dipotong kecil, lawar, urutan (sosis), sup, dan juga kerupuk babi.

Baca juga:  Cuaca Panas, Ini 5 Rekomendasi Water Park di Bali

Kedai ini juga sering melayani pesanan babi guling utuh untuk upacara keagamaan. Untuk harganya, tergantung ukuran babi yang dipesan.

3. Warung Babi Guling Bu Ari

Warung Babi Guling Bu Ari berada di Jalan Raya Andong Peliatan, Ubud, Gianyar, Bali. Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 20.00 WITA. Warung ini menyediakan sarapan, melayani dibawa pulang, tempat makan di dalam ruangan.

Perkiraan harga rata-rata Rp80.000 untuk dua orang. Menu yang disediakan Warung Babi Guling Bu Ari, yaitu babi guling spesial Rp35.000 dan babi guling biasa Rp25.000.

4. Warung Babi Guling Nyoman Siring

Warung Babi Guling Nyoman Siring berlokasi di Jalan Trenggana No. 69, Denpasar Timur, Bali. Jam buka setiap hari mulai pukul 07.30 – 17.00 WITA. Perkiraan harga rata-rata Rp80.000 untuk dua orang. Menu yang disediakan, yaitu nasi campur lawar spesial Rp40.000 dan nasi campur lawar Rp20.000.

Baca juga:  Lima Kuliner Khas Bali Ini Wajib Dicoba

5. Kedai Babi Guling Pak Malen

Babi guling lainnya yang bisa kamu cicipi adalah Kedai Babi Guling Pak Malen. Letaknya di Jl. Sunset Road No. 5, Seminyak. Di kedai babi guling ini, pelanggan akan disuguhkan dengan 1 porsi nasi, lawar, daging babi pedas, sosis, dan juga kulit babi yang disajikan secara terpisah.

Selain itu, kedai ini juga menyajikan sup yang terbuat dari rebusan daging dan tulang babi dengan bumbu khas Bali.

Untuk menyantap 1 porsi menu makanan yang ditawarkan, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar 40 hingga 75 ribuan rupiah.

Itulah beberapa warung babi guling yang dapat dikunjungi saat ingin mencicipi makanan khas Bali. Tentunya terjamin dengan cita rasa yang otentik. (Wulan/balipost)

BAGIKAN