Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menjaga kesehatan rambut tidak hanya penting untuk perempuan. Laki-laki juga perlu menjaganya.

Banyak sekali masalah rambut yang bisa muncul jika kesehatannya tidak dijaga. Salah satu masalah rambut yang sering dialami adalah rambut rontok.

Rambut rontok merupakan kondisi yang normal terjadi. Bahkan jika dalam sehari terdapat 50-100 helai rambut yang rontok, hal itu masih dianggap normal.

Saat ini sudah banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, baik itu cara alami maupun dengan menggunakan obat-obatan. Yuk, simak cara mengatasi rambut rontok dengan alami ini. Memang terkesan sederhana, tetapi jika dilakukan dengan rutin maka hasilnya akan maksimal.

Baca juga:  Wajib Dihindari! Ini Enam Kebiasaan Pertanda Utang Anda Mustahil Lunas

1. Mencuci rambut secara teratur

Mencuci rambut dengan teratur merupakan salah satu kunci agar rambut tidak mudah rontok. Bahkan, dilansir dari berbagai sumber, dianjurkan untuk tidak mencuci rambut setiap hari. Cukup 1-3 kali saja dalam seminggu.

Selain itu penggunaan shampoo dengan formula yang ringan juga membantu mengatasi rambut agar tidak mudah patah dan kering.

2. Memakai minyak rambut

Penggunaan minyak rambut juga bisa mengurangi kerontokan. Oleh karena itu, disarankan bagi yang memiliki rambut rontok untuk memanfaatkan minyak rambut alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak rosemary dan jenis minyak lainnya yang mengandung lemak sehat.

Baca juga:  Kenaikan Kasus COVID-19 Signifikan Ada di 6 Daerah, WNA Terkonfirmasi Juga Terus Bertambah

3. Menerapkan pola hidup sehat

Ternyata ada beberapa penyakit seperti kurang gizi, anemia atau kurang darah bisa menjadi penyebab rambut rontok. Oleh karena itu untuk mencegah dan mengatasi kerontokan maka bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung protein seperti telur, ikan, ayam, produk susu rendah lemak, serta rajin melakukan olahraga.

Selain itu mencukupi asupan nutrisi sepeti vitamin A dan Zinc juga bisa mengatasi rambut rontok dan bisa mengurangi kerontokan pada rambut.

4. Menggunakan masker rambut alami

Rutin menggunakan masker rambut alami ternyata tak hanya bisa membuat rambut terlihat lembut tetapi juga bisa mengatasi kerontokan. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker rambut, di antaranya lidah buaya dan kuning telur.

Baca juga:  Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak

5. Tata rambut dengan lembut

Menurut situs Alodokter, menata rambut dengan cara mewarnai, mencatok, dan mengkeriting membuat rambut rusak dan kering serta membuat kulit kepala iritasi. Sementara mengikat dan mengepang rambut terlalu kencang juga bisa menyebabkan akar rambut tertarik sehingga rambut mudah rontok.

Jika ingin meminimalisir kerontokan rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat, sebaiknya hindari penggunaan alat-alat penata rambut secara berlebihan. (Apsari/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *