Bacaleg- Pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk anggota DPRD kabupaten Gianyar yang ditutup Minggu (14/5) malam. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Senin (15/5) dini hari, pukul 05.00 Wita, KPU Gianyar baru bisa menyelesaikan pengajuan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk anggota DPRD kabupaten Gianyar.

Ketua KPU Kabupaten Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna mengungkapkan dari 18 partai politik peserta pemilu Tahun 2024 tercatat ada 16 partai politik mengajukan bacaleg ke KPU Gianyar yang dijadwalkan 1 Mei-14 Mei 2023.

Tirta Suguna mengatakan, ada dua partai politik tidak mengajukan bacaleg ke kabupaten Gianyar yaitu Partai Umat dan partai PBB. “Proses pengajuan bakal calon yang kita tutup pada Minggu (14/5) pukul 23.59 Wita ada tiga partai yang mengalami kendala terkait proses pengunggahan data ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon),” ucapnya.

Baca juga:  Merupakan Kesempatan Langka, PSSI Bali Harap Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Ia menjelaskan, sesuai petunjuk teknis dari KPU RI, partai politik yang mengalami kendala dengan silon jadi mereka bisa menunjukan hard copy secara lengkap data fisiknya. “Kita bantu, kita berikan kesempatan 2 x 24 jam untuk menggunggahnya ke Silon,” jelasnya.

Dicontohkannya, Partai Gelora diberikan kesempatan 2 x 24 jam mengunggah datanya ke Silon. Sementara Partai Buruh dan PPP baru selesai pengajuan bacaleg sesuai pukul 05.00 Wita. “Datanya, dinyatakan lengkap sesuai diunggah di Silon dan telah diberikan tanda terima dan berita acara,” paparnya.

Baca juga:  Pengajuan Balon Anggota DPRD Karangasem Mulai Dibuka,¬†Baru Dua Puluh Persen Parpol Aktifkan Silon

Putu Agus Tirta Suguna menambahkan tanggal 15 mei – 23Juni 2023 akan dilaksanakan tahapan verifikasi administrasi terkait syarat calon yang diunggah dalam Silon. “Kami memastikan kebenaran data data yang diunggah di Silon, apabila diperlukan perbaikan kita akan menginformasikan ke partai politik sehingga mereka bisa memperbaiki data data yang semestinya diperbaiki,” tegasnya. (Wirnaya/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *