Pengurus Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Provinsi Bali menyerahkan DCS Bacaleg Anggota DPRD Provinsi Bali ke KPU Provinsi Bali, Sabtu (13/5). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Memasuki hari terakhir pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi Bali, sebanyak 7 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 mendaftarkan bacaleg ke KPU Provinsi Bali, Minggu (14/5). Hingga pukul 22.00 WITA, tinggal 1 parpol yang belum menyerahkan berkas bacaleg.

Kendati demikian, Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan pihaknya tetap menunggu hingga pukul 00.00 WITA. Untuk tahap selanjutnya, daftar caleg sementara (DCS) yang telah diterima KPU Provinsi Bali ini akan dilakukan verifikasi admistrasi. Selanjutnya, akan ditetapkan daftar caleg tetap (DCT).

Penyerahan berkas pada hari ini diawali oleh Partai Gerindra pada pukul 10.02 WITA, disusul Partai Demokrat pada pukul 10.40 WITA. Kemudian Partai Garda Perubahan Indonesia, Parta Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo. Partai Buruh menyerahkan berkas pada pukul 21.20 WITA.

Baca juga:  Zona Orange Ini, Sudah 4 Hari Nihil Tambahan Kasus COVID-19

Sementara pada Sabtu (13/5), 5 parpol juga telah mendaftarkan Bacalegnya. Yaitu, Partai Ummat, Partai Bulan Bintang (PBB) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Berbagai cara unik dilakukan parpol saat mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Provinsi Bali. Seperti halnya dilakukan oleh pengurus Partai Kebangkitan Nusantara Provinsi Bali.

Berbeda dengan parpol lain, Ketua PKN Pimpinan Daerah (Pimda) Provinsi Bali, I Putu Indra Mandhala Putra bersama pengurus mendaftarkan bacalegnya dengan menggunakan 9 kendaraan dokar. Angka 9 ini sesuai dengan nomor urut partai.

Indra menjelaskan alasannya menggunakan kendaraan dokar, karena merupakan kendaraan warisan budaya nusantara yang harus dilestarikan. Apalagi, hampir di seluruh Indonesia ada kendaraan dokar..

Baca juga:  Jokowi Berikan Kebebasan ke Kaesang

Sementara itu, iring-iringan parade budaya juga mengiringi Pengurus DPD Partai Gerindra Provinsi Bali saat mendaftarkan Bacaleg Anggota DPRD Provinsi Bali ke KPU Provinsi Bali, Minggu (14/5). Pendaftaran langsung dipimpin oleh Ketua DPD Partai Gerindra Bali, Made Muliawan Arya (De Gadjah).

Sebanyak 55 orang kader terbaik Partai Gerindra didaftarkan untuk merebut 10 kursi DPRD Bali pada Pemilu 2024. Salah satunya adalah De Gadjah yang ditugaskan oleh partai untuk bertarung ke DPRD Bali, setelah sebelumnya dua periode di DPRD Kota Denpasar.

Parade unik juga ditampilkan Pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Bali. Parade akulturasi budaya Bali, Banyuwangi, dan Ponorogo menyemarakkan pendaftaran bacaleg. Terdapat iring-iringan Baleganjur, Gandrung, dan Reog mengiringi pengurus DPD Partai Demokrat saat mendatangi KPU Provinsi Bali.

Baca juga:  Kasus Sembuh Makin Bertambah, 5 Warga Sembuh Terbaru Ada di Daerah Ini

Tak kalah menarik, Pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Bali juga menyemarakkan pendaftaran kader Bacaleg Anggota DPRD Provinsi Bali ke KPU Provinsi Bali dengan parade budaya. Bercirikan khas warna kuning, pendaftaran dipimpin langsung oleh Ketua DPD Golkar Provinsi Bali, I Nyoman Sugawa Korry yang menaiki kereta berkusir figur Kresna dan kober Maruti.

Kehadiran Sugawa Korry didampingi tim 9 Golkar Bali yang diikuti kelompok masyarakat petani, UMKM, perempuan, dan koperasi Golkar, serta kelompok intelektual bersama 2.000 warga masyarakat dan 200 anggota Satgas AMPG. Parade budaya yang berjalan kaki dari Kantor DPD Golkar Provinsi Bali menuju KPU Provinsi Bali ini diiringi 4 baleganjur. Rombongan tiba di KPU Provinsi Bali pukul 16.20 WITA. (Winatha/balipost)

BAGIKAN