Dinas Sosial Badung mengembalikan belasan gepeng ke Kabupaten Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com РDinas Sosial (Dinsos) Badung mengembalikan belasan gepeng asal Banjar Dinas Pedahan, Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Selasa (4/4). Dari awal 2023, sudah ratusan gepeng dikembalikan ke Karangasem.

Staf Rehabilitasi Sosial Dinsos Badung, Ni Nyoman Suwarni, mengungkapkan, kalau jumlah gepeng yang dikembalikan ke Kabupaten Karangasem sebanyak 18 orang. Gepeng yang dikembalikan itu didominasi oleh anak-anak. “Kita menerima gepeng tersebut dari Satpol PP Badung kemarin malam. Mereka diamankan saat meminta-minta di lampu merah dan pantai Kuta,” ujarnya.

Baca juga:  Belasan Gepeng dan Pedagang Liar di Kuta Diamankan

Suwarni, menambahkan, dari awal tahun 2023 ini, pihaknya cukup banyak mengembalikan gepeng ke Kabupaten Karangasem. Kata dia, gepeng-gepeng ini dinilai cukup meresahkan.

Terlebih, Badung merupakan tempat pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. “Dari awal tahun, ada ratusan gepeng yang sudah kita kembalikan ke Karangasem,” katanya.

Sementara itu, Waker Gedung Loka Bina Karya (LK) Dinas Sosial Karangasem, I Putu Edi Kusuma, menjelaskan, semua gepeng yang dikembalikan Dinsos Badung ini semuanya berasal dari Banjar Dinas Pedahan, Desa Tianyar Tengah, Kubu. “Semua gepeng ini sekarang kita kembalikan ke daerah asalnya. Tapi, sebelumnya kita lakukan penyerahan ke Kantor Camat Kubu,” katanya.

Baca juga:  Banyak Warga Karangasem Menggepeng di Klungkung, Bupati Suwirta akan Temui Bupati Dana

Disinggung apakah akan ada pembinaan kepada gepeng-gepeng ini, Edi menegaskan, terkait pembinaan teknisnya ada dari pihak desa atau kecamatan setempat. Pihaknya hanya mengembalikan saja. “Kalau masalah pembinaan, kita serahkan kepada yang di sana. Termasuk teknis pengembalian ke desa asalnya kita serahkan di sana seperti apa mekanismenya nanti,” imbuhnya. (Eka Parananda/Balipost)

BAGIKAN