Pantarlih- Pelaksanaan anggota pantarlih Pemilu 2024 yang dilaksanakan secara serentak, pada Minggu (12/2). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dalam persiapan pemilu tahun 2024, KPU Karangasem melakukan restrukturisasi jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari yang awalnya sebanyak 1.706 TPS menjadi 1.676 TPS. Restrukturisasi ini dilakukan karena ada beberapa pemilih yang berjauhan.

“Untuk efektifitas, karena menyatukan jarak tempuh. Makanya, jumlahnya berubah menjadi 1.676 TPS,” jelas Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, I Gede Krisna Adi Widana, disela kegiatan pelantikan anggota petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) untuk Pemilu 2024, Minggu (12/2).

Baca juga:  Kapolres Gianyar Tekankan Netralitas Polri dalam Pengamanan Pemilu 2024

Untuk pelantikan ribuan pantarlih tersebut dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Karangasem, Putu Deasy Natalia mengatakan, secara keseluruhan jumlah pantarlih yang dilantik sebanyak 1.676 orang. Mereka dilantik oleh PPS di masing-masing kecamatan, ujarnya.

Jumlah pantarlih yang dilantik di masing-masing kecamatan yakni, Kecamatan Karangasem 334 orang, Kubu 274, Manggis 176, Abang 273, Rendang 144, Selat 159, Sidemen 130, dan Bebandem 186.

Baca juga:  Pendaftaran Calon Anggota KPU Kabupaten/kota se-Bali Dibuka, Tim Seleksi Ada 2

Selain pelantikan pantarlih, secara serentak juga dilaksanakan apel pasukan, bintek dan langsung coklit di Kabupaten Karangasem. “Disamping itu, mereka juga akan mempergunakan elektronik coklat untuk memverifikasi segala hal berkaitan dengan data pemilih yang sudah dipegang oleh masing-masing anggota pantarlih. Untuk Coklit sendiri akan dilakukan mulai 12 Februari sampai dengan 14 Maret mendatang,” tandas Krisna. (Eka Parananda/balipost)

 

BAGIKAN