Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com -Kamu mungkin pernah mendengar atau mungkin melihat patung Hachiko. Patung tersebut merupakan patung anjing di Jepang yang didirikan untuk mengenang kesetiaan anjing kepada pemiliknya.

Anjing memang dikenal sebagai hewan yang setia kepada pemiliknya. Dilansir dari Hepper, berikut alasan mengapa anjing setia dengan pemiliknya :

1. Mereka Melihatmu Seperti Keluarga

Anjing sebenarnya adalah hewan berkelompok. Mereka melihat setiap anggota kelompok sebagai anggota keluarga, sama seperti manusia.

Sama seperti kamu merasakan kesetiaan pada keluargamu, anjing juga merasakan hal yang sama terhadap kamu.

Baca juga:  Vaksinasi Massal di Kecamatan Tabanan Libatkan Masyarakat

2. Anjing Menjadi Lebih Bahagia Bersamamu

Bagi sebagian besar pemilik anjing, kehadiran anjing mereka sudah cukup untuk membuat mereka merasa lebih baik. Sama halnya seperti pemilik anjing, anjing akan merasa lebih bahagia di sekitar pemiliknya.

Anjing memiliki oksitosin, yaitu bahan kimia dalam tubuh yang bertanggung jawab atas kebahagiaan. Penelitian menemukan bahwa kadarnya meningkat saat anjing berinteraksi dengan pemiliknya.

3. Mereka Bergantung Padamu

Tidak seperti hewan peliharaan lain, anjing menyadari bahwa mereka bergantung pada pemiliknya. Mereka tahu bahwa kamu yang menyediakan air, makanan, dan semua kebutuhan lainnya. Selain itu, mereka juga menyadari bahwa kamu yang bermain dengannya dan memberikannya cinta.

Baca juga:  Alokasi Belanja Negara ke Bali Mencapai Rp 22,256 Triliun

4. Empati

Meski anjing adalah hewan, mereka dapat menunjukkan empati. Anjing akan mengubah perilakunya berdasarkan suasana hati manusia.

Bukan hanya dengan pemiliknya, mereka akan mengubah perilakunya berdasarkan suasana hati yang mereka deteksi pada orang asing.

5. Kamu Berbagi Ikatan yang Dalam

Setelah apa yang kamu lalui bersama anjingmu, kamu akan merasa memiliki ikatan yang jauh lebih dalam dari sekadar keluarga. Kamu akan melihat ikatan ini saat melihatnya setia padamu sampai akhir.

Baca juga:  Anjing Peranakan Pitbull Positif Rabies

6. Mereka Membutuhhkanmu

Anjing telah dijinakkan begitu lama, sehingga mereka mengandalkan manusia lebih dari sekadar penyedia makanan. Itulah alasan mengapa mereka akan mendatangimu ketika menghadapi masalah, seperti tertusuk duri atau kaktus.

Melihat kesetiaan yang ditunjukkan kepada pemiliknya, perlakukan mereka dengan baik agar karena mereka akan mengingatmu dan setia padamu. (kmb/balipost)

BAGIKAN