Nyoman Wiradana. (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Kabupaten Bangli akan mengikuti 13 materi dalam perhelatan pesta kesenian Bali (PKB) tahun 2023. Berkaitan hal itu, Pemkab Bangli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kini membuka pendaftaran bagi seniman di Bangli yang ingin ikut berpartisipasi dalam perhelatan seni tahunan itu.

Berdasarkan data Disparbud Bangli adapun materi yang rencana diikuti Kabupaten Bangli pada PKB tahun ini yakni pawai, parade gong kebyar dewasa, gong kebyar anak dan gong kebyar wanita. Parade palegongan klasik, arja klasik, joged bungbung tradisi, wayang kulit Ramayana dan parade busana adat khas kabupaten/kota.

Baca juga:  Kasus Pembunuhan Paman Tiri, Polisi Temukan Sajam Digunakan Pelaku

Untuk materi lomba, Bangli akan ikut lomba drama gong remaja, tari Barong Ket, lomba taman penasar dan baleganjur remaja. Jumlah materi yang diikuti tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya tujuh materi.

Kabid Kesenian Disparbud Kabupaten Bangli Nyoman Wiradana mengatakan pihaknya saat ini sedang menyiapkan seniman/sekaa seni yang akan dilibatkan. Kata Wiradana pihaknya tahun ini membuka pendaftaran bagi seniman/sekaa seni di Bangli yang ingin ikut berpartisipasi pada PKB.

Baca juga:  Lahan Dipakai PKB, Pemilik Tanah Minta Kepastian Harga

Hal itu dilakukan supaya tidak ada kesan seniman yang pentas mewakili Bangli, itu-itu saja. “Sejauh ini sudah banyak yang daftar. Nanti kita akan diskusikan dengan tim mana diantaranya yang paling siap pentas,” terangnya.

Sementara itu disinggung soal anggaran, Wiradana mengatakan sudah disiapkan Rp 1.950.000.000. Bersumber dari APBD Bangli Rp1,450 miliar dan BKK Provinsi Bali Rp 500 juta.

Diungkapkan bahwa sebelumnya anggaran yang disiapkan untuk PKB 2023 hanya Rp 1 miliar. Rinciannya Rp 500 juta dari APBD ditambah Rp 500 juta dari BKK provinsi Bali. Dana tersebut hanya cukup untuk mengikuti empat materi. “Setelah dikasi tambahan dana Rp 950 juta oleh bapak bupati, kita bisa rancang ikut 13 materi,” jelasnya. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Bali Aman, Legian Beach Festival 2017 Siap Digelar 11-15 Oktober
BAGIKAN