Gempa dengan magnitudo 7,1 mengguncang perairan laut di titik 141 kilometer tenggara Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada kedalaman 64 kilometer, Rabu. (BP/Ant)

MANADO, BALIPOST.com – Perairan laut di titik 141 kilometer tenggara Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, diguncang Gempa dengan magnitudo 7,1, pada kedalaman 64 kilometer, Rabu (18/1).

Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Stasiun Geofisika Manado, gempa tektonik tersebut terjadi pada pukul 13:06:14 WIB, di lokasi 2.80 LU,127.11 BT.

Dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (18/1), Lindu ini dirasakan di Kota Gorontalo II MMI, Kabupaten Minahasa, Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Bitung, dan Kota Tomohon.

Baca juga:  Sepuluh Pegawai ESDM Terkait Kasus Dugaan Penyelewengan Tukin Berstatus Non Job

Selanjutnya, Kota Ternate, Kota Sofifi, Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara III MMI.

Sementara di Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kota Tidore III-IV MMI. “Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” sebut Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Geofisika Manado, Edward Henrry Mengko di Manado.

Baca juga:  Erupsi Aktivitas Gunung Semeru Dominasi Perbatasan Lumajang dan Malang

Dia pun berharap, bila ada kerusakan di wilayah kabupaten dan kota dapat menginformasikan kepada BMKG. Sejauh ini dalam catatan BMKG Stasiun Geofisika Winangun Manado, telah terjadi sebanyak dua kali gempa susulan.

Gempa susulan pertama, magnitudo 4,8, terjadi pukul 13:19:15 WIB, di lokasi 2.79 LU,127.20 BT pada 146 kilometer barat laut Daruba, Maluku Utara pada kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan gempa susulan kedua, magnitudo 4,3 yang terjadi pukul 13:28:03 WIB, di lokasi 2.89 LU,127.14 BT atau 133 kilometer tenggara Melonguane, pada kedalaman 10 kilometer. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Presiden Pastikan Penuhi Kebutuhan Dasar Korban Bencana

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *