Bupati Gede Dana. (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST. com – Bupati Karangasem, I Gede Dana dan wakil bupati I Wayan Artha Dipa tampaknya tak mau setengah-tengah di dalam mengelola setiap potensi yang dimiliki Karangasem. Guna, Untuk bisa meningkatkan PAD dan mengelola sumber potensi pendulang PAD, Gede Dana membentuk Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) Karangasem Sejahtera.

Gede Dana, Selasa (17/1), mengungkapkan, pembentukan Perseroda Karangasem Sejahtera diharapkan bisa menggali dan mengelola sumber potensi yang dimiliki Kabupaten Karangasem. Dicontohkan, selain di bidang sumber daya energi dengan keberadaan PLTS di kecamatan Kubu, Karangasem juga masih memiliki potensi hasil pertanian. “Kami harap Perseroda bisa menggali potensi sumber pendapatan daerah, Perda sudah disetujui oleh DPRD Karangasem, tinggal pengisian siapa yang akan menjalankan Perseroda tersebut,” ujarnya.

Baca juga:  BPD Bali Tuan Rumah Panen Rejeki BPD Seluruh Indonesia 

Menurut Gede Dana,  selain hasil pertanian, perikanan, dan energi, potensi-potensi yang masih belum digarap yakni di sector dermaga, maupun sektor lainnya. Termasuk,  sektor pariwisata juga bisa digarap oleh Perseroda. “Potensi Karangasem itu masih banyak yang belum bisa digarap, salah satunya karena terbentur regulasinya, makanya kehadiran Perseroda kita harapkan mampu menangkap peluang yang ada,” katanya.

Bupati asal Datah itu menambahkan, agar Perseroda bisa berjalan di tahun 2023 ini, pihaknya telah menyiapkan anggarannya sebesar Rp 10 milyar berupa penyertaan modal di Perseroda. Nantinya, pengembangan bidang usaha menyesuaikan dengan potensi yang ada.  Pihaknya pun, katanya, saat ini masih menunggu telaahan secara menyeluruh. Termasuk rekrutmen pegawai,mulai dari Direktur dan jajaranya.

Baca juga:  Sebulan Diresmikan, Tribun Stadion I Gusti Ketut Jelantik Retak dan Rusak

“Kita ingin Perseroda dikelola secara professional dengan melibatkan orang-orang yang professional sesuai bidangnya. Karema Karangasem tidak kekurangan orang-orang yang mempuni dan bisa memajukan Perseroda sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Karangasem. Jadi, dalam proses rekrutmen juga kami minta dilakukan secara professional, jangan asal melakukan rekrutmen saja, yang jelas mereka harus memiliki kemampuan memajukan Perseroda Karangasem Sejahtera,” tegas Gede Dana. (Adv/Balipost)

Baca juga:  Bupati Gede Dana Lantik 58 Penjabat, Minta Lakukan Inovasi dan Akselerasi Pembangunan
BAGIKAN