Bantuan- Bupati Karangasem, I Gede Dana saat penyerahan paket bantuan kepada 22 orang kaum disabilitas bertempat di Kantor Camat Abang, Sabtu (7/1/). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Perhatian terus diberikan Bupati Karangasem, I Gede Dana kepada warga penyandang disabilitas di Kabupaten Karangasem. Hal itu dibuktikan dengan penyerahan paket bantuan kepada 22 orang kaum disabilitas bertempat di Kantor Camat Abang, Sabtu (7/1/).

Untuk kedepan, Gede Dana berupaya semaksimal mungkin untuk melindungi dan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas guna mendapatkan kesetaraan sosial dengan warga lainnya.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengungkapkan, sudah menjadi kewajiban dan tanggungjawab pemerintah untuk memastikan hak-hak penyandang disabilitas bisa terpenuhi dengan baik, diantaranya yang terpenting adalah rehabilitasi sosial, pemberdayaan, jaminan dan perlindungan sosial dalam hal ini pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu kebutuhan hidup, tempat tinggal yang layak dan kesehatan.

Baca juga:  Bupati Karangasem Sosialisasi Anti-Bullying di Sekolah

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk melindungi dan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas guna mendapatkan kesetaraan sosial dengan warga lainnya. Beberapa waktu lalu, kami juga sudah meloncing Unit Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Ketenagakerjaan, di Aula Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karangasem, agar warga kami penyandang disabilitas bisa mendapatkan kesempatan kerja dan berwirausaha guna meningkatkan kesejahteraan,” ujar Gede Dana.

Gede Dana menambahkan, dengan program ini para penyandang Disabilitas bisa mendapatkan hak yang sama dalam rangka pemenuhan hak untuk bekerja guna meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup termasuk dalam pelayanan kesehatan. Dan bahwa penyandang disabilitas harus diberikan perhatian lebih.

Baca juga:  Dari Kadus Sekar Kangin Dipecat hingga Identitas Jasad Ditemukan di Kusamba Terungkap

“Tugas orang normal adalah membantu orang yang kekurangan, untuk sekarang kami baru bisa memberikan 22 bantuan kepada warga kami penyandang disabilitas, dari bantuan ini semoga bisa membantu, saya juga harapkan bantuan ini bisa berkelanjutan,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Abang, I Komang Artha Negara, menjelaskan, para penemrima bantuan dipilih dari data BPKS. Bantuan ini ada sekitar 17 jenis, dimana perorangnya mendapatkan 20 Kilogram beras, 1 unit Kompir Gas berikut tabung selang dan regulator dan banyak lagi. “Saya juga berterima kasih kepada Bapak Perbekel karena sudah memfasilitasi kegiatan ini dengan mendatangkan para disabilitas di setiap desanya,” katanya.

Baca juga:  Demo Mahasiswa Berakhir, Arus Lalin di Monas Dibuka Kembali

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Gede Dana didampingi Camat Abang, Komang Artha Negara, menyerahkan bantuan sembako dan peralatan rumahtangga, alat mandi kepada 22 orang penderita disabilitas, dari 10 desa di Kecamatan Abang diantaranya Desa Ababi, Bunutan, Culik, Datah, Kesimpar, Nawakerti, Purwakerti, Tista, Tiyingtali dan Desa Tribuana. Selesai penyerahan bantuan di Kecamatan Abang. Bupati Gede Dana melanjutkan penyerahan bantuan di Gunaksa, yakni kepada warga atas nama I Wayan Sumerta, yang terdampak bencana angin kencang. Bantuan yang diberikan berupa sembako dan peralatan rumah. (Adv/Balipost)

BAGIKAN