Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mengonsumsi air putih merupakan hal yang penting agar asupan cairan dalam tubuh dapat terpenuhi. Umumnya, air putih dikonsumsi sebanyak delapan gelas atau setara dengan dua liter per harinya.

Dilansir dari situs Alodokter, selain untuk memenuhi asupan cairan, mengonsumsi air putih juga berdampak positif untuk kesehatan. Yuk simak manfaatnya :

1. Mencegah Dehidrasi

Asupan cairan dalam tubuh dapat terpenuhi dengan mengonsumsi air putih dan dapat mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Meski sering disepelekan, dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat berpotensi menimbulkan kejang, syok, hingga gangguan pada fungsi ginjal.

2. Menjaga Kesehatan Sendi dan Otot

Mengonsumsi air putih secara rutin akan meningkatkan kekuatan otot serta kelenturan sendi dan otot. Sehingga, otot tidak akan kaku dan badan tidak akan cepat lelah ketika beraktivitas.

Baca juga:  Alasan Kenapa Harus Minum 2 Liter Air Putih Sehari

3. Menurunkan Berat Badan

Penelitian menunjukan bahwa air putih dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak, dan membuang kotoran melalui keringat, urin, dan tinja. Secara tidak langsung hal ini akan berdampak pada penurunan berat badan.

4. Memelihara Kesehatan Kulit

Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan kulit menjadi kering. Maka dari itu, mengonsumsi air putih dapat menjaga kulit dan bibir tetap terhidrasi. Mengonsumsi air putih juga dapat menjaga dan mengembalikan kelembapan bibir dan kulit.

5. Menjaga Konsentrasi

Kekurangan cairan tubuh berdampak pada terganggunya fungsi otak, khususnya pada kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi. Mengonsumsi air putih secara rutin akan membuat fungsi otak bekerja secara optimal, sehingga produktivitasmu dalam bekerja pun meningkat.

Baca juga:  Jarang Minum Air Putih Sebabkan Cuci Darah di Usia Muda

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan beberapa gangguan pencernaan, seperti sembelit, hingga susah BAB.

7. Mencegah Batu Ginjal

Mengonsumsi air putih dapat mencegat terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah menderita penyakit ini. Asupan cairan yang cukup akan melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urin dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal.

8. Menjaga Tekanan Darah

Saat kamu kekurangan cairan dalam tubuh, darah akan lebih kental dan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit dalam darah. Selain itu, ini juga berdampak pada menurunnya tekanan darah. Mengonsumsi air putih secara rutin akan membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Baca juga:  Ini, 7 Tanda Kekurangan Minum

9. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Terpenuhinya cairan tubuh akan mencegah datangnya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Mengonsumsi air putih secara rutin dapat memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah akan terjaga.

10. Meningkatkan Stamina

Dalam menjalani hari-hari, tubuh membutuhkan energi. Sumber energi tidak hanya berasal dari makanan, tapi juga dari air putih. Mengonsumsi air putih yang cukup akan membuat tubuhmu tidak mudah lemas selama beraktivitas seharian.

Air putih merupakan cairan terbaik untuk tubuh karena bebas gula dan kalori, sehingga lebih menyehatkan. Maka dari itu, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi air putih dan jangan lupa bawa air putih saat bepergian. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *