Ilustrasi. (BP/dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Saat kamu gabut dan sedang tidak ada pekerjaan, kamu pasti memikirkan cara untuk mengisi waktu luangmu agar tetap bermanfaat. Kamu bisa mencoba melakukan usaha kecil-kecilan yang bisa menghasilkan uang dan tentunya dapat mengisi waktu luangmu.

Jika kamu bingung ingin mulai usaha apa, kamu bisa menyimak sembilan inspirasi usaha berikut :

1. Bisnis Thrift Fashion

Thrift fashion sedang tren di kalangan anak muda. Tidak ada salahnya untuk mencoba ide bisnis ini. Untuk memulainya, kamu bisa membeli paket usaha pakaian import yang biasanya dijual di aplikasi jual beli online dengan harga yang sangat terjangkau. Kemudian, kamu bisa memilah dan memilih baju-baju bagus yang layak untuk dijual. Kamu bisa menjualnya di aplikasi jual beli online atau membuka toko sendiri.

2. Makanan dan Minuman yang Sedang Tren

Baca juga:  Bupati Tamba Lepas Ratusan CPMI dan Pemagangan

Makanan dan minuman yang sedang tren tentu banyak dicari oleh orang-orang. Kalau kamu pandai memasak, kamu bisa mempelajari resepnya terlebih dahulu dan meminta orang lain memberikan penilaian. Jika masakannya enak, kamu bisa menjualnya. Makanan dan minuman yang sekarang sedang populer yaitu minuman boba, crepes, toast, rice bowl, risol mayo, hingga fruit sando sandwich.

3. Buku Bekas

Jika kamu punya banyak buku di rumah dan bingung menaruhnya di mana, mungkin kamu bisa menjual beberapa. Selain pakaian bekas, buku bekas juga banyak dicari karena harganya yang lebih murah. Biasanya buku-buku bekas ini banyak dijual di Twitter dan aplikasi jual beli online.

4. Barang Kerajinan Tangan

Ada beragam pilihan kerajinan tangan yang bisa menjadi ispirasi usahamu, apalagi jika kamu memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan tangan. Beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu coba yaitu pakaian rajut, tas anyaman, hingga koleksi-koleksi benda anyaman lainnya.

Baca juga:  Perlu Kerja Sampingan? Berikut Sejumlah Pekerjaan yang Bisa Dipilih

5. Pulsa dan Aplikasi Premium

Inspirasi usaha yang sangat mudah dilakukan adalah berjualan pulsa dan aplikasi premium. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak usaha dan tenaga, cukup melalui smartphone saja. Namun, kamu perlu berusaha untuk mencari supplier yang bagus agar kamu mendapat banyak keuntungan.

6. Katering Rumahan

Kalau kamu jago masak, manfaatkan keahlianmu untuk membuka usaha katering rumahan. Meski usaha ini memerlukan tenaga dan waktu yang cukup banyak, tapi jika kamu senang dan tekun menjalaninya, rasa lelahmu akan berkurang.

7. Reseller

Kamu juga bisa menjadi supplier yang menjual produk-produk tertentu dan menjualnya kembali. Dengan menjadi reseller, kamu akan mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Baca juga:  PPDB Kuartal IV-2021 Didorong Lima Sektor Lapangan Usaha

8. Hadiah Wisuda

Saat seseorang wisuda atau seminar proposal tentunya teman-teman mereka akan memberikan hadiah. Ini juga bisa menjadi kesempatan usaha buat kamu. Kamu bisa mencoba menjual hadiah wisuda seperti bucket, selempang, papan nama, dan masih banyak lagi.

9. Jastip (Jasa Titip)

Kalau kamu sering ke luar negeri, kamu juga bisa membuka jasa titip untuk produk-produk di sana. Banyak orang yang tertarik dengan produk-produk luar negeri, tapi belum bisa mendapatkannya karena harus ke sana langsung. Namun, kamu juga perlu memperhatikan peraturan penerbangan di sana, apakah produk tersebut dikenai pajak atau tidak.

Saat pertama kali membuka usaha, mungkin jualanmu masih sepi atau belum ada pembeli. Namun, kamu tidak perlu sedih, itu semua ada waktunya selagi kamu tidak mudah menyerah dan terus giat berusaha. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *