Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon membantah informasi yang beredar di masyarakat terkait isu gempa dan tsunami di laut Banda Maluku, pasca gempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang Maluku pada Selasa (10/1). (BP/Ant)

AMBON, BALIPOST.com – Adanya informasi yang beredar di masyarakat terkait isu gempa dan tsunami di laut Banda Maluku, pascagempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang Maluku pada Selasa (10/1) dibantah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon.

“Informasi yang beredar di masyarakat tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut,” Kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG ) Stasiun Geofisika Kelas I Ambon Djati Cipto Kuncoro, di Ambon, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (11/1).

Baca juga:  Mengatasi Kecanduan Gadget

Ia mengatakan, peristiwa tsunami dan longsoran bawah laut merupakan dampak bahaya ikutan dari gempa bumi. Sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan, di mana dan berapa kekuatan gempa bumi yang akan terjadi. “Terkait informasi yang beredar bukan resmi dari BMKG, tetapi mengutip dari berbagai sumber yang mengatasnamakan institusi tertentu,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga:  Ungkap Kasus Baku Tembak Sesama Polisi, Komnas HAM Kumpulkan Data dan Informasi

Selain itu, masyarakat juga diimbau agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” katanya.

Masyarakat diharapkan untuk mengikuti perkembangan informasi resmi kebencanaan yang dikeluarkan oleh BMKG, BPBD, TNI/Polri, dan aparat pemerintah setempat. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Sepanjang Pantai Gianyar Tergolong Rawan Tinggi Tsunami

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *