Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Toxic relationship merupakan istilah baru yang digunakan untuk menggambarkan suatu hubungan yang menyebabkan dampak tidak sehat, baik itu bagi fisik maupun kondisi mental. Hubungan yang tidak sehat ini tentu saja bisa terjadi dalam hubungan kekasih.

Agar tak terjebak dalam toxic relationship, kamu bisa memahami terlebih dahulu ciri-cirinya. Yuk simak pembahasannya :

1. Posesif

Pasanganmu dapat dikatakan posesif saat dia selalu menanyakan hal-hal yang kamu lakukan secara berlebihan setiap waktu dan suka melarangmu melakukan ini itu. Hal ini bisa saja tumbuh karena pasanganmu tidak percaya padamu, padahal ada saatnya kamu membutuhkan waktu untuk sendiri.

2. Tidak Jujur

Ciri hubungan toxic selanjutnya adalah saat pasanganmu berbohong padamu berkali-kali dan kamu mengetahui hal itu, tapi kamu tidak berani menanyakan hal tersebut padanya karena tidak ingin menciptakan pertengkaran.

Baca juga:  Atasi Kemacetan di Jalur Bandara Ngurah Rai, Skema Bus Antar Jemput Diberlakukan

3. Cemburu Berlebihan

Cemburu boleh saja, tapi jangan terlalu berlebihan karena cemburu yang berlebihan tidak baik dalam suatu hubungan. Cemburu berlebihan terjadi jika pasanganmu melarang bertemu dengan laki-laki lain atau bahkan temanmu dan menganggap hanya dia satu-satunya yang bisa bersamamu.

4. Komunikasi yang Buruk

Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam suatu hubungan. Jika dalam suatu perdebatan, kamu dan pasangan tidak bisa menyelesaikannya dengan baik dan berakhir karena keegoisan serta kemarahan, kamu perlu berhati-hati karena bisa jadi kamu menjalani toxic relationship.

Baca juga:  Jenuh dengan Pasangan Jangan Buru-buru Putus, Coba Lakukan Hal Ini

5. Tidak Mempedulikan Diri Sendiri

Hubungan yang toxic juga terjadi jika kamu terlalu fokus pada pasanganmu dan itu membuatmu lelah, serta menguras tenaga, waktu, bahkan membuatmu lupa dengan dirimu sendiri.

6. Hanya Satu Pihak yang Berusaha

Dalam sebuah hubungan, perlu melibatkan pihak-pihak terkait, yaitu kamu dan pasanganmu. Kalau yang berusaha dalam sebuah hubungan hanya satu pihak saja, kemungkinan hubungan tersebut akan sia-sia dan tidak bertahan lama.

7. Menimbulkan Stres

Ciri toxic relationship yang selanjutnya adalah menimbulkan stres. Stres bisa timbul akibat kekangan atau bahkan ketakutan yang timbul dari suatu hubungan.

8. Tidak Ada Privasi

Walaupun kamu dan pasanganmu saling mencintai, pastikan tetap ada privasi di antara kalian. Bukan berarti karena sudah menjalin hubungan, kamu bisa mengetahui apa pun milik pasanganmu.

Baca juga:  Hati-hati Kosmetik Kedaluarsa, Kenali Tanda-tandanya

9. Egois

Keegoisan adalah akar dari komunikasi yang buruk. Hubungan yang toxic terjadi ketika satu sama lain tidak bisa saling memahami dan ingin menang sendiri.

10. Kasar

Saat pertengkaran terjadi dan pasanganmu bersikap atau berkata kasar padamu, maka waspadalah bisa jadi kamu sedang berada dalam hubungan yang toxic.

Jika dalam hubunganmu kamu menemukan salah satu ciri-ciri di atas, sebaiknya kamu tetap waspada atau keluar dari hubungan tersebut agar tidak menjadi beban pikiran dan kesehatan mentalmu tetap terjaga. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *