Suasana pantai di Karimunjawa. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bepergian tentu saja menjadi hal yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh siapa pun. Nah, agar travelingmu berjalan lancar, ada baiknya kamu menyiapkan sembilan hal ini :

1. Rencana Perjalanan

Yang pertama dan utama tentunya membuat perencanaan perjalanan. Membuat rencana perjalanan akan memudahkanmu untuk bepergian. Kamu tidak perlu bingung akan pergi ke mana saja karena kamu sudah menyiapkan rencana perjalananmu dari rumah.

2. Siapkan Anggaran

Selain rencana perjalanan, anggaran juga tidak kalah penting. Buatlah rencana anggaran yang pas dengan budgetmu. Jangan terlalu memaksakan jika tidak cukup dan jangan lupa sisihkan sedikit uangmu untuk dana darurat.

Baca juga:  Liburan Sekolah, Kunjungi Wisata Kampung 3D

3. Jangan Lupakan Dokumen Penting

Walaupun kamu hanya bepergian di dalam negeri, tapi kamu harus selalu siap dengan dokumen-dokumen penting. Selalu siapkan KTP dan SIM di dompet atau tasmu.

4. Bawa Pakaian Lebih

Tidak ada yag tahu apa yang akan terjadi saat kamu bepergian. Ada baiknya kamu membawa pakaian lebih seandainya pakaianmu basah atau kotor.

5. Pikirkan Akomodasi Perjalanan

Sebelum pergi, tentunya kamu harus memikirkan akomodasi perjalanan yang akan kamu gunakan. Bukan hanya akomodasi untuk pergi dari tempatmu ke tempat lain, tapi juga akomodasi di tempat yang kamu kunjungi. Pastikan bahwa kamu mengetahui apakah di tempat tersebut tersedia kendaraan umum atau ramah untuk pejalan kaki.

Baca juga:  Cok Ace : Bali Harus Miliki "Medical Destination"

6. Bawa Obat-Obatan untuk Jaga-Jaga

Tidak ada salahnya untuk membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga. Barangkali iklim di tempat yang kamu kunjungi tidak cocok dengan tubuhmu atau bisa saja kamu kelelahan di perjalanan.

7.  Isi Pulsa dan Kuota Data Seluler

Jika dalam keseharian kamu menggunakan WiFi untuk mengakses internet, maka belilah pulsa dan kuota untuk berjaga-jaga. Pasalnya, tidak semua tempat selalu menyediakan WiFi.

Baca juga:  Hunian Vertikal Solusi Keterbatasan Lahan

8. Tempat Pakaian Kotor

Untuk meletakkan pakaian kotor yang sudah kamu pakai sebelumnya, kamu bisa membawa kantong kresek atau travel vacuum bag agar pakaianmu yang masih bersih tidak tercampur dengan pakaian kotor.

9. Alat Mandi

Walaupun kamu menginap di hotel, sebaiknya kamu tetap membawa alat mandi untuk berjaga-jaga.

Jika sembilan hal di atas sudah kamu persiapkan, dijamin kamu akan merasa lebih tenang di perjalanan. Kamu pun bisa menikmati liburan dengan hati yang senang. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *