Aktivitas penyeberangan di Danau Batur. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali memang terkenal dengan bentang alamnya yang indah dan pesona alamnya yang memikat. Jadi, jika kamu bosan dengan suasana kota yang macet dan hiruk pikuk, bisa mencoba mengunjungi destinasi wisata alam untuk melepas penat.

Bagi yang ingin menikmati liburan dengan wisata alam bersama orang tercinta, kamu bisa mengunjungi salah satu wisata alam berikut ini yang disarikan dari berbagai sumber :

1. Danau Batur

Rekomendasi wisata alam yang pertama adalah Danau Batur yang berlokasi di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Danau Batur merupakan danau kawah dari salah satu gunung berapi yang aktif di Bali, yaitu Gunung Batur.

Danau ini memiliki pemandangan alam yang eksotis dan kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan merogoh kocek sebesar Rp15.000 per orang, kamu sudah dapat menikmati suasana danau yang tenang.

2. Danau Tamblingan

Masih dalam kategori danau, danau selanjutnya adalah Danau Tamblingan yang terletak di sebelah utara Gunung Lesung, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Dengan membayar tiket masuk Rp10.000, kamu sudah bisa menikmati keindahan Danau Tamblingan.

Selain sebagai tempat wisata, Danau Tamblingan juga kerap dijadikan tempat camping. Jika kamu tertarik untuk camping di sini, kamu dapat menikmati hawa dingin dan pemandangan danau yang indah di pagi hari.

3. Bukit Campuhan

Kawasan Ubud terkenal dengan para senimannya dan ketenangannya yang memikat, sehingga kerap dijuluki kampungnya para bule. Salah satu wisata alam di Ubud yang wajib kamu coba adalah Bukit Campuhan.

Baca juga:  Ini, Persyaratan Pura Dijadikan Destinasi Wisata di Gianyar

Bukit Campuhan terletak di Jl. Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Ubud. Untuk masuk ke Bukit Campuhan, kamu tidak dikenakan biaya sepeser pun. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka mendaki atau sekadar berjalan menikmati pemandangan alam.

Meski harus berjalan jauh, kamu tidak perlu bersedih karena sepanjang jalan kamu dapat menikmati pemendangan hijau di atas bukit dengan pepohonan yang rindang, sawah yang membentang, dan ladang ilalang.

4. Monkey Forest Ubud

Jika kamu menyukai satwa, kamu bisa mengunjungi Monkey Forest Ubud. Lokasinya berada di Desa Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

Untuk masuk ke sini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp50.000 per orang untuk dewasa dan Rp40.000 per orang untuk anak-anak.

Sepanjang jalan kamu akan menemui banyak kera dan pepohonan yang rindang. Tentu saja kamu dapat bermain dan berfoto dengan kera-kera tersebut. Namun, kamu perlu berhati-hati dan menjaga barang bawaanmu agar tetap aman.

5. Air Terjun Tegenungan

Tidak hanya pantai yang indah, Bali juga memiliki air terjun yang tidak kalah memikat, salah satunya adalah Air Terjun Tegenungan. Air terjun ini terletak di Jl. Ir. Sutami, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp20.000 per orang untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini. Air Terjun Tegenungan memiliki ketinggian sekitar 15 meter yang membuat pesonanya tidak terkalahkan. Selain foto-foto, kamu juga bisa berenang di sini.

Baca juga:  Kesaksian Dirut PDAM Klungkung, Sebut Hasil Audit Tidak Ada Masalah

6. Tegallalang Terasering

Ubud memang tidak ada habisnya dengan wisata alamnya yang menakjubkan. Salah satu wisata alam yang berlokasi di Ubud adalah Tegalalang Terasering. Tegalalang Terasering merupakan undakan sawah yang disusun mengikuti sistem irigasi di Bali atau subak.
Berbagai aktivitas dapat kamu lakukan di sini, mulai dari hunting foto instagramable, menjelajahi sawah, menyebrangi sungai, bermain ayunan tinggi, hingga menikmati kopi luwak yang berada di sekitar sawah.

7. Air Terjun Sekumpul

Sebagaimana namanya, Air Terjun Sekumpul berlokasi di Desa Sekumpul, Buleleng. Pesona menarik dari air terjun ini adalah sekumpul yang juga berarti kumpulan air terjun. Maka, ketika kamu ke sana, kamu tidak hanya melihat satu air terjun, tapi kumpulan air terjun yang ada di satu lokasi.

Namun, akses menuju air terjun ini terbilang ekstrim karena kamu perlu melewati ratusan anak tangga yang curam dan licin, sehingga kamu harus berhati-hati melintasinya. Rasa lelah naik turun tangga akan terbayarkan dengan melihat air terjun yang indah dengan pepohonan yang rindang.

8. Pantai Balangan

Bosan dengan suasana Pantai Kuta yang ramai? Kamu bisa berkunjung ke Pantai Balangan yang lokasinya cukup tersembunyi di Bali bagian selatan. Pantai ini berlokasi di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan.

Baca juga:  Danau Buyan-Tamblingan Digarap Jadi Kawasan Wisata Alam

Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini, kamu perlu melewati jalan yang cukup sempit dan masih jarang dilalui kendaraan. Meski begitu, keindahan dan kecantikan pantainya tidak akan membuat kamu menyesal.

9. Nusa Penida

Nusa Penida merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah Pulau Bali. Untuk mencapai pulau ini, kamu perlu menaiki speed boat yang bisa kamu dapatkan di Pantai Sanur dengan kisaran harga Rp75.000 hingga Rp150.000.

Ada banyak hal menarik yang dapat kamu lihat dan nikmati di pulau ini, mulai dari Pasih Uug, Angle’s Billabong, Pantai Kelingking, Toyapakeh, Goa Giri Putri, Mata Air Seganing, dan masih banyak tempat menarik lainnya. Pulau ini sangat cocok bagi kamu yang hobi diving karena kamu dapat melihat beragam biota laut.

10. Nusa Lembongan

Selain Nusa Penida, ada Nusa Lembongan yang letaknya juga tidak jauh dari Pulau Bali. Sama seperti Nusa Penida, untuk pergi ke Nusa Lembongan kamu bisa menaiki speed boat dari Pantai Sanur.

Banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di pulau ini, seperti Pantai Dream Beach, Teluk Jamur, Sandy Bay, Tebing Devil’s Tears, Pantai Scooby Doo, Hutan Mangrove, hingga Tamarind Beach. Tapi tentu saja, kegiatan yang wajib kamu lakukan di sini adalah diving dan snorkeling.

Nah, itu tadi 10 rekomendasi wisata alam di Bali. Tunggu apa lagi? Cepat kemasi barangmu dan mulai jelajahi alam di Bali. (kmb/balipost)

BAGIKAN