Kombes Pol. Satake Bayu, S.I.K., M.Si. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menjelang akhir 2022 mutasi besar-besaran dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo termasuk di Polda Bali. Sejumlah pejabat utama Polda Bali dimutasi, diantaranya Irwasda dan Karoops Polda Bali.

Kabidhumas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu, S.I.K., M.Si., Minggu (25/12) mengatakan, setidaknya terdapat 704 perwira tingkat tinggi dan menengah Polri yang dimutasi. Mutasi tersebut tertuang dalam empat Surat Telegram Kapolri dengan Nomor ST/2774/XII/KEP./2022 hingga ST/2777/XII/KEP./2022 tertanggal 23 Desember 2022 ditandatangani AS SDM Polri Irjen Pol. Wahyu Widada.

Kabidhumas Satake juga mengatakan, mutasi tersebut merupakan hal yang lumrah di lingkungan Polri. “Mutasi adalah hal biasa dalam dinamika organisasi sebagai tour of area and tour of duty, penyegaran serta promosi,” ujarnya.

Dalam surat telegram tersebut, Kapolri melakukan rotasi mulai dari tingkat perwira menengah berpangkat AKBP hingga perwira tinggi komisaris jenderal (Komjen). Mutasi tersebut terjadi di tingkat polres, polda hingga pejabat utama Mabes Polri.

Baca juga:  Belum Ada Kejelasan dari Pusat, Klungkung Teruskan Karantina di Hotel untuk OTG-GR

Untuk di Polda Bali yang dimutasi tersebut, diantaranya Brigjen Pol Awang Joko Rumitro, S.I.K. Irwasda Polda Bali yang sudah lama mendapatkan promosi kenaikan pangkat dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri (penugasan di BNN). Brigjen Awang digantikan oleh Kombes Pol. Arief Prapto Santoso yang sebelumnya menjabat Irbidjemengarku Itwil V Itwasum Polri.

Kombes Pol. Firman Nainggolan yang menjabat Karoops Polda Bali dimutasikan menjadi Widyaiswara Muda Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. Penggantinya yaitu Kombes Pol. Nuryanto, sebelumnya sebagai Analis Kebijakan Madya Bid Watpers SDM Polri.

Selanjutnya Kabidlabfor Polda Bali Kombes Pol Ir. Roedy Aris Tavip Puspito dimutasi ke Bareskrim sebagai Anjak Madya Bidang Labfor Bareskrim Polri. Ia digantikan Kombes Pol. Sugeng Hariyadi, Dirreskrimum Polda Sumbar.

Baca juga:  Polresta Denpasar Kerahkan Ratusan Personel Pengamanan TPS

Kombes Pol. I Gede Adhi Mulyawarman, S.I.K.,M.H. menjabat Auditor Kepolisian Madya Tk. III Itwasda Polda Bali, mendapat jabatan baru sebagai Anjak Madya Bidang Jemen SDM Itwasum Polri (lulusan Dikreg Sesko TNI 2022). Posisinya digantikan oleh AKBP I Dewa Made Alit Artha, Kabagbekum Rolog Polda Bali dan mendapat promosi untuk bisa naik pangkat menjadi Kombes sebagai Auditor Kepolisian Madya Tk. III Itwasda Polda Bali.

Selain itu Kombes Pol. Bambang Tertianto yang menjabat Kabidpropam Polda Bali dimutasi ke Divisi Propam Mabes Polri menjabat Anjak Madya Bidang Wabprof Divpropam Polri. Sebagai penggantinya adalah Kabid TIK Polda Bali Kombes Pol. I Ketut Agus Kusmayadi. Sedangkan Kabid TIK Polda Bali kini dijabat AKBP Ambariyadi Wijaya yang sebelumnya menjabat Wadir. Reskrimsus Polda Bali dalam rangka naik pangkat menjadi Kombes.

Baca juga:  Dicurigai Peredaran Narkobanya Tinggi, BNNK Klungkung Alihkan Fokus ke Nusa Penida

Untuk jabatan Kabiddokkes yang sudah lama ditinggalkan pejabat lama karena mendapat promosi ke Pusdokkes Polri diisi oleh Kombes Pol. dr. Komang Nurada Mahardana yang sebelumnya menjabat sebagai Kabiddokes Polda NTB. Terakhir Kabagbinkar Ro SDM yang sempat lowong karena ditinggal oleh pejabat lama, kini dijabat oleh AKBP Tri Goffarudin Pulungan, S.I.K., M.H. yang sebelumnya menjabat Kapolres Gowa, Polda Sulawesi Selatan. “Semoga dengan adanya penyegaran beberapa pejabat utama ini semakin meningkatkan kinerja Polda Bali dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tutup Kombes Satake.(Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *