Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Musim hujan tiba. Biasanya, musim hujan disebut musim rawan penyakit karena berbagai jenis virus lebih mudah berkembang biak di musim ini.

Ketika imun tubuh menurun, maka potensi untuk terserang penyakit akan meningkat. Untuk menghindari serangan penyakit pada musim hujan, kamu dapat melakukan lima tindakan pencegahan yang dilansir dari berbagai sumber ini:

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Mengkonsumsi air putih yang cukup memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Air memiliki manfaat untuk membentuk sel dan cairan tubuh, serta berguna untuk pengaturan suhu tubuh. Kekurangan cairan dalam tubuh akan menimbulkan beberapa penyakit, seperti dehidrasi kronik, mengakibatkan penyakit gagal ginjal, kencing manis, hingga hipertensi. Maka dari itu, minum air putih yang cukup berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga:  Cuaca Dingin Rentan Munculkan Sejumlah Penyakit Ini

2. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan yang sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh karena setiap makanan yang masuk ke tubuh akan berpengaruh pada kondisi tubuh. Pola makanan yang sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Makanan dengan gizi yang seimbang adalah makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

3. Mengatur pola tidur

Pola tidur yang cukup merupakan dasar dari pola hidup sehat. Waktu tidur normalnya tujuh sampai delapan jam, tapi waktu ini disesuaikan kebutuhan tubuh masing-masing. Cara mengatur pola tidur dapat dimulai dengan menjadwalkan waktu tidur dengan tepat dan menghindari berbagai gangguan tidur dan berbagai pemicunya, seperti kafein, nikotin, dan alkohol.

Baca juga:  Mempersiapkan Diri Hadapi Musim Hujan

4. Menjaga kebersihan

Virus dan kuman lebih mudah berkembang selama musim hujan, maka menjaga kebersihan adalah hal yang penting. Tidak hanya menjaga kebersihan tubuh, tapi juga menjaga kebersihan lingkungan. Selalu pastikan kamu mandi dua kali sehari dengan sabun antiseptik dan rutin mencuci tangan. Selain itu, jangan biarkan air menggenang di tempat penyimpanan air untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

5. Rutin berolahraga

Baca juga:  Tambahan Warga Terpapar COVID-19 Capai Rekor Lagi! Penyumbang Terbanyaknya Masih Sama

Rutin berolahraga akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Aktivitas olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memicu hormon serotonin yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri. Olahraga tidak selalu dilakukan di luar ruangan, kamu bisa mencoba untuk melakukan olahraga ringan di dalam ruangan, seperti yoga, pilates, atau senam.

Itu tadi berbagai cara untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Jika kamu merasa sakit, segera periksakan dirimu ke dokter terdekat. Tetap jaga kesehatan tubuh di musim hujan, ya! (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *