Tangkapan layar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefieng yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (28/11/2022). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com -Dasarian II Desember 2022, peluang hujan dengan kriteria cukup tinggi yang dapat terjadi di sejumlah wilayah. Hal itu dikatakan Pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (13/12), Abdul mengingatkan untuk waspada terdapat potensi bencana hidrometeorologi basah yang bisa dipicu faktor cuaca. “Indeks nino masih negatif, artinya kita masih punya awan lembab dengan kontribusi potensi hujan yang cukup tinggi. Kemudian ada peluang hujan kriteria menengah sampai tinggi di atas 100 mm per 10 hari,” kata Abdul dalam Disaster Briefing.

Baca juga:  Bali Sebagai Pemprov Terbaik di Indonesia Dalam SPI dari KPK RI

Sejumlah wilayah yang diprakirakan akan didominasi hujan yakni sebagian Sumatera, kemudian Kalimantan Barat, Jawa Barat dan Jawa Tengah, serta Papua, kata dia.

Abdul mengatakan, prakiraan tersebut perlu diwaspadai, utamanya terkait dengan evaluasi dari kejadian-kejadian bencana hidrometeorologi basah dalam satu minggu terakhir ini.

Selain itu, dia mengingatkan agar mengantisipasi untuk mungkin intensitas hujan cukup tinggi, serta banjir yang masih mungkin akan terjadi lagi di wilayah tersebut.

Baca juga:  Disebut akan Lakukan Kudeta di Demokrat, Moeldoko :¬†Kerjaan Gue Setumpuk Gini

BNPB menyebut bencana banjir masih mendominasi pada sepekan terakhir tanggal 5-11 Desember 2022, namun frekuensinya mulai berkurang. Abdul mengatakan dalam pekan tersebut, sebanyak 24 kejadian bencana terjadi dari bencana hidrometeorologi dan geologi. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *