Peresmian Solar Panel di Kantor Asuransi Astra Cabang Denpasar, Rabu (30/11) yang merupakan rangkaian Estafet Peduli Bumi Denpasar. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Asuransi Astra menjadi salah satu pelaku usaha mengimplementasikan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) di berbagai aktivitas perusahaan. Bahkan, secara resmi, Asuransi Astra melakukan pemasangan solar panel di Kantor Cabang Denpasar sebagai wujud keberlanjutan aspirasi Estafet Peduli Bumi yang telah tercanangkan di 5 kota sebelumnya.

Di Denpasar, EPB juga terselenggara melalui beragam program. Seperti kegiatan kolaborasi bersama Bank Sampah Denpasar, penanaman 2.400 bibit mangrove, dan literasi keuangan di SMKN 3 Denpasar pada 28 hingga 29 November 2022.

Asuransi Astra telah menginstalasi solar panel di Kantor Cabang Tendean dan kali ini melaksanakan instalasi solar panel di Denpasar dengan kapasitas 7,63 kWp. Implementasi solar panel ini guna melestarikan lingkungan sekitar dengan mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menjadi faktor utama penyebab terjadinya perubahan iklim.

Baca juga:  Klungkung Masih Kantongi Penduduk Miskin 10 Ribu Jiwa

“Energi yang disalurkan secara alami oleh tenaga surya dari panas matahari tidak mengeluarkan emisi gas rumah kaca, sehingga tidak membahayakan lingkungan dan meminimalisir dampak dari pemanasan global. Kami senang dipercaya sebagai kantor cabang berikutnya di Asuransi Astra yang mengimplementasikan program kebermanfaatan sumber dan energi ini melalui rangkaian Estafet Peduli Bumi. Kami juga menerapkan penghematan air dengan penggunaan keran air otomatis dan pengolahan limbah cair domestik,” ujar Rangga Septiana, Branch Manager Denpasar Asuransi Astra.

Melanjutkan rangkaian, Asuransi Astra juga berkolaborasi dengan Bank Sampah Pertiwi Asri Denpasar dalam menciptakan lingkungan minim sampah di sekitar Denpasar. Dalam kolaborasinya, Asuransi Astra menyerahkan bantuan operasional seperti timbangan sampah, laptop, dan printer yang mendukung produktivitas komunitas mengolah sampah sekitar agar tidak mencemari dan mengakibatkan banjir hingga fenomena lainnya yang merugikan wilayah terkait.

Baca juga:  Perluas Jangkauan, Asuransi Astra Hadirkan Perlindungan Digital

Kegiatan ini turut didukung oleh Kelian Dinas Banjar Beraban Desa Dauh Puri Kauh merangkap Ketua Bank Sampah, Ni Wayan Sumartini dan Kepala Desa Dauh Puri Kauh, Drs. I Gusti Made Suwandhi. Masih dalam pilar lingkungan, pada hari berikutnya Asuransi Astra melakukan penanaman 2.400 bibit mangrove di Arboretum Mangrove Pesanggaran Benoa, Denpasar.

Kegiatan ini juga telah dicanangkan di beberapa kota sebelumnya guna memitigasi bencana alam sekitar pantai akibat arus air laut dan melestarikan ekosistem laut. Penyerahan diberikan kepada Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Drs. I Made Teja, Kepala UPD Tahura Ngurah Rai Bali, I Ketut Subandhi, S.Hut, M.Si, dan Perwakilan Kepala Camat, Ni Kadek Mariani S.S.

Baca juga:  Tebas Ipar Karena Tak Bayar Hutang

Pilar berikutnya pendidikan juga tercanangkan dalam rangkaian EPB Denpasar dengan memberikan literasi mengenai pengelolaan keuangan pada murid SMKN 3 Denpasar. Pemberian materi disampaikan langsung oleh Marketing-Commercial & Health Business Director Asuransi Astra, Gunawan Salim.

Dijelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Asuransi Astra dalam meningkatkan angka literasi keuangan Indonesia. “Seluruh rangkaian kegiatan berdasarkan prinsip berkelanjutan, sehingga kami akan berupaya terus untuk memantau kegiatan-kegiatan yang telah terlaksana ini dan semoga memberikan manfaat luar biasa bagi masyarakat dan sekitar,” ujar Gunawan. (Adv/balipost)

BAGIKAN