Gede Pramana. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Perhelatan Road to Hari Antikorupsi se-Dunia (Hakordia) Tahun 2022 bertema “Indonesia Pulih, Bersatu Lawan Korupsi” juga dilaksanakan di provinsi Bali mulai Kamis (24/11) hingga Sabtu (26/11). Berbagai kegiatan diagendakan untuk memeriahkan peringatan yang puncaknya diperingati pada 9 Desember tersebut.

Sekaligus diharapkan mampu menjadi pengingat bagi seluruh elemen bangsa bahwa kejahatan korupsi menjadi musuh bersama. Oleh karena itu, seluruh masyarakat harus terlibat dan berpartisipasi dalam misi pemberantasan korupsi. Di Provinsi Bali, pembukaan Road To Hakordia dipusatkan di Ruang Utama Lt.1 Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Kabupaten Badung, Kamis, (24/11).

“Prosesi pembukaan ini antara lain diisi launching lagu dan senam anti lorupsi, pertunjukan seni/pemutaran film anti korupsi serta Integrity Expo (Pameran Anti Korupsi),” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Gede Pramana di Denpasar, Rabu (22/11).

Baca juga:  Dugaan Korupsi Masker, Kejari Karangasem Geledah Dua Lokasi Ini

Dilanjutkan Pramana, di hari yang sama akan diselenggarakan pula berbagai seminar, seperti Seminar Peran MCP dalam Pencegahan Korupsi, Perbaikan Tata Kelola dan Peningkatan Kualitas Layanan Publik, hingga Workshop LHKPN Pencegahan Korupsi Bagi Badan Usaha (Implementasi Kebijakan Royalti Lagu dan Musik). “Juga Pagelaran Kesenian Antikorupsi Bali yang dilaksanakan di Panggung Outdoor Gedung Art Center/ Taman Budaya Provinsi Bali pada malam harinya,” seru Pramana.

Birokrat asal Denpasar ini melanjutkan di hari Jumat (25/11) dilaksanakan pula aneka seminar terkait pencegahan rasuah yang menghadirkan narasumber dari KPK RI yakni Seminar Penertiban, Pemulihan dan Penyelamatan Aset, Seminar Inovasi dan Optimalisasi dalam Penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah Wilayah V, Peran Perempuan Dalam Pencegahan Korupsi, Perbaikan Tata Kelola Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dan Regulasi Dudukan Desa Adat Bali hingga Workshop Pelajar Antikorupsi. Sedangkan Penutupan Road to Hakordia Wilayah V akan dihelat pada pukul 16.00 di Ruang Utama Lt.1 Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung.

Baca juga:  Diduga Korupsi, Perbekel Dencarik Diberhentikan Sementara

Menariknya, pada Sabtu (26/11) juga diselenggarakan ‘Senam Sehat Anti Korupsi’ yang dipusatkan di dua lokasi yakni Alun-Alun Kabupaten Gianyar dan Lapangan Puputan Renon Denpasar. Dimana rangkaian acara yang juga diisi doorprize dan berbagai stand serta panggung hiburan tersebut dibuka untuk masyarakat umum. “Karena itu, saya mengajak masyarakat untuk hadir langsung di lokasi ‘Senam Sehat Anti Korupsi’ tersebut, untuk mengikuti senam sembari menjaga kesehatan juga berpeluang mendapatkan hadiah berupa doorprize serta menikmati hiburan musik dan bondres,” ajak Pramana.

Baca juga:  Merokok di KTR Bandara Ngurah Rai akan Ditipiring

Dalam upaya pemberantasan korupsi khususnya di Bali, KPK menerapkan 3 strategi utama. Yaitu, pendidikan antikorupsi, pencegahan, dan penindakan. Kampanye dan sosialisasi peringatan hari antikorupsi sedunia dilakukan sejak tanggal 24 sampai 26 November di Bali dan puncaknya akan dilaksanakan pada 9 Desember 2022 di Jakarta. (kmb/balipost)

BAGIKAN