KMP Mutiara Timur I mengalami kebakaran saat berada di Perairan Jemeluk, Karangasem pada Rabu (16/11). (BP/Antara)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Ratusan kendaraan serta barang-barang milik para penumpang KMP Mutiara Timur 1 yang sebelumnya sempat terbakar akhirnya ikut tenggelam bersama kapal karena belum sempat diselamatkan. Hal itu diakui Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Jumat (18/11).

Suyasmin, menambahkan, semua kendaraan dan barang lainnya memang semuanya belum sempat diselamatkan. Pasalnya, saat kapal tersebut terbakar fokus evakuasi adalah para penumpang dan juga anak buah kapal (ABK) sedangkan barang-barang masih berada di dalam kapal. “Semuanya masih berada di dalam kapal belum sempat diselamatkan dan saat ini semuanya ikut tenggelam,” ujarnya.

Baca juga:  Puluhan KK di Sega Tak Lagi Terisolasi

Menurut, Suyasmin, sejatinya pihaknya sudah berusaha untuk membantu memadamkan api supaya bisa dilakukan evakuasi, tapi api tidak mau padam karena titik api berada di dalam sedangkan proses pemadaman dilakukan dari luar. “Kalau masuk melakukan pemadaman tidak memungkinkan, karena risiko juga apalagi saat kita tiba di lokasi kapal sudah dalam keadaan miring,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk evakuasi terhadap KMP Mutiara Timur I tidak mungkin bisa dilakukan. Karena di titik kapal tersebut tenggelam diperkirakan kedalamannya sekitar 800-1.000 meter. “Kapal dibiarkan tenggelam selama tidak mengganggu aktivitas penyeberangan,” tambahnya.

Baca juga:  Surat Suara Pilbup Tiba di Karangasem

Ia menyatakan owner kapal mengaku sudah pasrah dengan kejadian tersebut. (Eka Parananda/Balipost)

BAGIKAN