Venue selam Porprov Bali di Kolam Nirmala Asri Singaraja. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Cabor selam pernah eksis di Bali. Akan tetapi, lama vakum dan tidak dilombakan beberapa kali penyelenggaraan hajatan multievent dua tahunan antarkabupaten dan kota se-Bali. Kini, cabor selam mulai dipertandingkan lagi di Porprov Bali XV/2022.

Koordinator Perwasitan Pengprov Persatuan Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bali Wayan Muliarta, yang dikonfirmasi, Rabu (2/11), menyatakan, sebelumnya cabor selam, hanya sebatas ekshibisi saat Pororov Bali XIV/2019, di Tabanan. “Cabor selama pada Porprov Bali XIV, mengambil venue di Kolam Renang Tirta Arum, Blahkiuh, Badung,” terang Muliarta.

Baca juga:  "Road Race" Diusulkan Dipertandingkan pada Porprov Bali 2022

Sementara untuk pelaksanaan Porprov XV, venue selam di Kolam Renang Nirmala Asri Singaraja, sedangkan nomor laut di Pantai Lovina, Buleleng. Dijelaskannya, untuk kolam renang mempertandingkan 13 putra, ditambah 12 putri, ditambah dua nonor laut putra dan putri. “Jadi, Porprov Bali melombakan total 29 nomor,” ujar Muliarta, yang juga selaku Technical Delegate (TD) cabor selam.

Ia mengakui, dalam hajatan multievent internasional untuk cabor selam, nomor yang dilombakan cukup banyak mencapai 40 nomor. “Bali juga mengirimkan atlet selam, pada PON XX/2021, di Papua, dan meraih perak,” ucapnya.

Baca juga:  Tusuk Tetangga Kos, Oknum Satpam Diamankan

Muliarta merinci, dua kabupaten yang absen Karangasem dan Bangli, sebab belum terbentuk Pengkab POSSI. Ia menegaskan, bagi juara Porprov diproyeksikan turun di ajang Pra-Pon. “Kami juga bakal menggelar Kejurprov Selam, Desember nanti,” tuturnya. Ia bertekad, selam di Pulau Dewata bangkit lagi, walaupun puluhan tahun tanpa aktivitas. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN