Kepala BKPSDM Klungkung, Komang Susana. (BP/Dokumen)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Proses lelang jabatan pimpinan tinggi pratama sudah dibuka sejak lebih dari sepekan lalu. Jadwal pendaftaran pun akan berakhir pada 31 Oktober.

Dari lima jabatan yang dibuka untuk dilakukan seleksi terbuka ini, pejabat yang mendaftar baru tiga orang. Proses lelang jabatan ini pun terkesan sepi peminat, meski posisi jabatan yang dilelang adalah posisi jabatan yang strategis.

Kepala BKPSDM Klungkung Komang Susana, saat dihubungi Kamis (27/10) mengakui pejabat yang baru mendaftar kepada pansel, baru tiga orang. Namun, menurut dia, situasi seperti ini biasa terjadi dalam proses lelang jabatan pimpinan tinggi pratama.

Karena pejabat yang akan mengikuti proses lelang, biasanya akan ikut mendaftar pada hari terakhir pendaftaran. “Ini yang mendaftar baru tiga orang. Bukan sepi, biasanya nanti hari terakhir baru numplek yang daftar. Kita tunggu saja dulu,” katanya.

Baca juga:  Sekda Badung Dilantik, Posisi Lowong Eselon II Segera Diisi

Susana enggan menyebut ketiga identitas pejabat yang sudah mendaftar. Demikian juga posisi jabatan apa yang diikuti.

Namun, dia menegaskan pejabat yang mendaftar baru sedikit sekali, karena posisi yang dilelang saja ada lima posisi pejabat eselon dua. Susana menambahkan, jika sampai batas akhir pendaftaran, jumlah pejabat yang terdaftar belum memenuhi ekspektasi panitia seleksi, maka jadwal pendaftaran bisa diperpanjang lagi.

Pansel sebelumnya sudah mengeluarkan pengumuman resmi seleksi terbuka untuk lima jabatan setingkat eselon II, sesuai surat resmi yang dirilis Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Klungkung, dengan Nomor 09/Pansel/JPT/2022 pada 17 Oktober 2022. Lima jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka ini, antara lain, posisi Direktur RSUD Klungkung, Inspektur Daerah Klungkung, Kasat Pol PP, Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Dinas Pariwisata.

Baca juga:  Ini, Tiga Besar Lelang Eselon II Pemkot Denpasar

Pendaftaran akan berlangsung hingga 31 Oktober nanti. Selanjutnya, baru dilakukan seleksi administrasi pada 1-2 Nopember, sebelum hasil seleksi administrasi diumumkan pada 3 November 2022.

Untuk penilaian kompetensi (assessment) pada 7-8 November, dilanjutkan dengan presentasi makalah dan wawancara 9-10 November, kemudian pengumuman tiga nama calon terbaik pada 15 November nanti. Tiga nama calon terbaik ini, selanjutnya kembali diajukan ke PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian), sebelum pengusulan rekomendasi ke KASN pada 18 November 2022.

Baca juga:  Soal Harga Tanah untuk Bangun Pusat Kebudayaan Bali, Ini Kata Gubernur Koster

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta mengatakan sebelum dia mengakhiri masa jabatan sekitar satu tahun lagi, seluruh posisi yang ditinggal pensiun pejabatnya, harus sudah terisi. Sehingga, birokrasi di Pemkab Klungkung tetap bisa berjalan seperti biasa, dengan berbagai program dan inovasi yang sudah berjalan selama sembilan tahun terakhir. Bahkan, dia mentargetkan Januari 2023 seluruh pejabat dari proses lelang ini sudah bisa dilantik. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN