Ketua LLDikti I G N Lanang Eratodi dan Rektor I Made Sukamerta dan wakil rektor saat acara wisuda. (BP/sue)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rektor Univ. Mahasaraswati (Unmas) Denpasar, Dr. Drs. I Made Sukamerta, M. Pd., Senin (24/10) mewisuda 760 lulusan sarjana S-1 dan S-2. Ketua LLDikti Wilayah VIII, Dr. Ir. I Gusti Bagus Lanang Eratodi, S. T. M. T., memuji Unmas sebagai kampus terbaik di Bali yang memiliki program studi multidisiplin sehingga sangat mudah mewadahi kurikulum MBKM.

Program bebas kuliah 3 semester, benar-benar memberikan penambahan wawasan kepada mahasiswa kuliah satu semester di prodi berbeda dalam satu PT. Sejak 2005, Unmas konsisten terhadap Tri Darma PT. Pernah menjadi tuan rumah PIMNas, sebagai PTS klaster mandiri dan tahun ini meraih penelitian kompetitif Nasional serta berbagai hibah.

Ketuan Yayasan PR Saraswati Pusat Denpasar Ir. Bagus Ketut Lodji, M. S. dalam sambutannya dibacakan Ketua Pengawas, Dr. dr. A.A .Ngurah Subawa mengajak lulusan menjadi SDM hebat dan memberi solusi di masyarakat.

Rektor Unmas I Made Sukamerta yakin lulusannya dapat menciptakan kesempatan serta mampu hidup mandiri. Kata kuncinya adalah bekerja jujur, cerdas, optimis, kreatif, inovatif, disiplin dan mau berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Baca juga:  FEB Unmas Pengabdian di Desa Tegal Mengkeb

Unmas Denpasar pada 2022 meraih peringkat akreditasi “Baik Sekali” untuk Akreditasi Perguruan Tinggi. Untuk Akreditasi Program Studi, 7 Program Studi sudah mendapat nilai A, dan 14 Program Studi mendapat nilai B. Di samping itu, pengakuan oleh masyarakat ditunjukkan dengan animo mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 adalah sebanyak 2.404 mahasiswa.

Rektor Unmas I Made Sukamerta didampingi Dr. I Wayan Gde Wiryawan, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Nengah Landra, S.E., M.M .
(Wakil Rektor bidang Keuangan dan Sumber Daya) dan I Komang Budiarta, S.Pd., M.Pd., M.Hum. (Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, dan Kerjasama) menambahkan Unmas Denpasar juga meraih SNI ISO 9001:2015 dan SNI ISO 21001:2018. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen pimpinan di lingkungan Unmas Denpasar untuk meningkatkan budaya mutu sistem manajemen organisasi pendidikan dalam menghadapi perkembangan dan tantangan yang sangat dinamis ini serta Smart Society 5.0.

Ia juga memaparkan Rencana Operasional Unmas Denpasar 2022 sudah mempunyai 90 orang dosen bergelar doktor dan 83 orang sedang studi S-3. Atau memiliki 173 doktor dan tujuh guru besar.

Baca juga:  Pebiliar Filipina Bata Tampil di Renon

Pada 2022, Unmas Denpasar memperoleh Dana Penelitian sebesar 1,9 Milyar untuk 13 judul dengan rincian 7 judul Penelitian Kompetitif Nasional; 3 Matching Fund; dan 2 judul penelitian pendanaan Organisasi Perangkat Daerah. mendapatkan Hibah Institutional Supporting System atau ISS-MBKM dari Kemdikbudristek untuk melakukan akselarasi program MBKM sebesar Rp736 juta.

Di bidang Pengabdian kepada Masyarakat, pada tahun 2022, Unmas Denpasar berhasil memperoleh dana Rp450 juta untuk 7 judul Pendanaan Kompetitif Nasional yang terdiri dari 5 judul Program Kemitraan Masyarakat (PkM), 1 judul PPDM, dan 1 judul pengabdian kepada masyarakat.
Terkait pelaksanaan program MBKM Kemdikbudristek, Unmas Denpasar sudah mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran. Di antaranya kampus mengajar, magang dan Studi Independen Bersertifikat, KKN Tematik, Riset Keilmuan dan KMMI.

Di samping itu, 10 orang mahasiswa Unmas Denpasar mengikuti perkuliahan di BSRU Thailand selama 1 semester melalui program International Credit Transfer dari Kemdikbudristek. Selain program MBKM dari Kementerian, Unmas Denpasar juga melaksanakan program MBKM secara mandiri melalui kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri dan para stakeholders.

Baca juga:  Unmas Denpasar Raih Lima Award LLDikti Wilayah VIII

Akselerasi Program MBKM juga dibuktikan dengan memenangkan hibah seperti Hibah Center of Excellence dan Pembelajaran Daring Kolaboratif. Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022 sebanyak 991 mahasiswa dari 60 PT sekaligus PTS terbanyak secara nasional.

Saat itu juga diserahkan penghargaan kepada lulusan dengan IPK terbaik. Untuk MP2WL diraih I Wayan Sulistyobudhi, S.Hut., M.Si.(3,97) Prodi MM diraih I Gede Toro Mahendra, S.E., M.M.(3,86) Prodi MH oleh Kadek Miarta Putra, S.H., M.H. (4,00). Untuk di FKIP diraih I Gede Arta Surya Kusuma, S.Pd.(3,99), FEB Ni Luh Gde Yuni Lestari Dewi, S.Ak.(3,85) FH I Dewa Ayu Putri Suryantari, S.H.(3,93) , FT oleh Putu Ocha Maya Firanthi, S.T.(3,76) FPB,I Gusti Lanang Agung Ary Widiatmika, S.P.(3,96)
Fak. Kedokteran Gigi Putu Dende Ari Santi Savitri, S.KG.(3,02), Fak. Bahasa Asing Komang Ayu Nuriasih, S.S.(4,00) ,Fak. Farmasi Ni Kadek Cintya Pramesti Dewi, A.Md.Farm (3,93.) dan PSDKU Mataram diraih I Made Diyama Putra Argantara, S.H.(3,97) (Adv/balipost)

BAGIKAN