Krama saat mengikuti upacara nyapuh leger massal. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Berbagai upaya dilakukan desa adat untuk meringankan beban krama ketika melaksanakan upacara keagamaan. Seperti yang dilakukan oleh, Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem. Desa Adat setempat melaksanakan upacara Nyapu Leger massal secara gratis kepada kramanya.

Bendesa Adat Duda yang sekaligus menjadi penanggung jawab, I Komang Sujana, mengatakan, upacara nyapuh leger massal ini diikuti oleh 93 peserta. Untuk upacara sendiri dilaksanakan di Catus Pata Banjar Pesangkan. “Upacara dipuput dua sulinggih, yakni Ida Pedanda Gede Suyasa dari Gria Manuaba, dan Ida Pedanda Gde Karang Ngenjung dari Gria Keniten, Duda,” ucapnya.

Baca juga:  Desa Adat Sampalan akan Terima Sertifikat WBTB Nasional

Sujana, mengatakan, para peserta yang mengikuti upacara ini tidak dikenakan biaya apapun. Yang mengikuti prosesi tersebut hanya membawa sarana persembahyangan dan sayut pemegat. “Desa Adat Duda penyelenggara, semua biaya ditanggung oleh LPD Desa Duda,” katanya.

Menutut, Sujana, kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban ketika melaksanakan upacara keagamaan. Selain dari Desa Adat Duda, kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa krama desa adat lain, seperti Geriana, Putung, dan Pateh. Kata dia, sejatinya Desa Adat Duda akan melaksanakan nyapuh leger massal pada tahun 2020. Karena Covid-19 melanda, pembatasan diperketat, sehingga dimundurkan.

Baca juga:  Desa Adat Suana Selesaikan Perselisihan dengan Sipandu Beradat

“Kegiatan massal akan rutin dilakukan tiap tahunnya. Berbagai macam upacara kemungkinan akan dicoba. Dan mungkin tahun depan ditambah dengan mebayuh dan mepetik rambut,” imbuhnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *