Rombongan delegasi Confederation of ASEAN Journalist (CAJ) mengunjungi Bangli pada Jumat (14/10). (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Rombongan delegasi Confederation of ASEAN Journalist (CAJ) mengunjungi Bangli pada Jumat (14/10). Kedua obyek wisata yang dikunjungi adalah Penglipuran dan Kintamani.

Rombongan disambut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bangli I Wayan Sugiartha di Desa Penglipuran. Rombongan nampak terkesan dengan keberadaan Desa Penglipuran yang termasuk desa tebersih di dunia. Selain kagum dengan tata letak dan keindahan bangunan tardisional, para wartawan ini juga terkesan dengan keramahtamahan warga Penglipuran.

Selanjutnya rombongan menuju Geopark Gunung Batur di Kintamani. Sambil menikmati santap siang dengan menu khas ikan mujair, mereka juga nampak sangat mengagumi keindahan Gunung Batur dengan danau di bawahnya.

Baca juga:  Longsor Bukit Abang, Akses Jalan Menuju Tiga Desa Sudah Bisa Dilalui

Tepchai Sae Yong dari Thailand yang merupakan Presiden CAJ periode 2018-2022 menyatakan kekagumannya terhadap keindahan Bali, termasuk geopark Gunung Batur dan Penglipuran. Begitu juga dengan Caroline asal Filipina. Ia mengaku sangat mengagumi keindahan dan keramahtamahan masyarakat Bali.

Presiden CAJ yang juga Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari mengaku sangat kagum dengan keindahan geopark. Ia juga mengangumi perkembangan pariwisata Bangli yang tetap mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19 yang mematikan pariwisata Bali.

Baca juga:  Thailand Mulai Terima Wisman Tanpa Keharusan Karantina

Satu lagi yang dikagumi yakni keramahtamahan masyarakat Bali, terutama warga Penglipuran. Ketika rombongan CAJ berkunjung ke desa tersebut, selain menikmati pemadangan, saat berinteraksi dengan masyarakat, rombongan disambut dengan ramah.

“Keramahtamahan masyarakat Bali sunggub luar biasa,” ucapnya dalam rilis yang diterima Minggu (16/10).

Kadis Pariwisata mengatakan, dengan potensi yang dimiliki pihaknya memang mengembangkan pariwisata berbasis alam. Diakui, ketika pandemi COVID sedang melanda, justru pariwisata Bangli tetap menggeliat.

Baca juga:  Bupati Dana dan Wabup Artha Ucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H

Para pemuda atau warga yang sebelumnya bekerja di luar negeri atau luar Bangli pulang membuat usaha kopi shop yang justru banyak dikunjungi wisatawan. Begitu pula dengan glamping atau glamour camping juga sangat diminati.

Sementara itu malam harinya digelar farewell party berakhirnya pertemuan Sidang Umum ke-20 CAJ. Acara perpisahan ini digelar di salah satu rumah makan di Kedonganan, Kuta, Badung. (kmb/balipost)

BAGIKAN