Bupati Giri Prasta menyerahkan hibah Rp4,3 miliar di Bangli. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Sebagai wujud implementasi program Badung Angelus Buana (Badung Berbagi, Dari Badung Untuk Bali), Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah luar daerah dengan total bantuan sebesar Rp4.340.000.000 secara langsung ke beberapa desa adat di Kabupaten Bangli yakni di wilayah Kecamatan Susut, Kecamatan Bangli, Kecamatan Tembuku dan Kecamatan Kintamani, Kamis (13/10).

Dana hibah ini dipergunakan untuk pembangunan dan rehab Pura Desa Pengayah Jalan Bau Sulahan, Susut, senilai Rp380 juta, pembangunan Pura Dalem Gandamayu di Banjar Brahmana Bukit, Cempaga, senilai Rp1,1 miliar, pembangunan palinggih Pura Alas Arum Batur, Banjar Kerta Budi, Desa Batur Selatan, Kintamani, senilai Rp1,6 miliar, pembangunan dan perehaban Pura Dadia Pasek Dukuh Badeg, Banjar Pulasari Kawan, Peninjoan, Tembuku, senilai Rp450 juta, pembangunan dan perehaban Pura Dadia Pasek Gelgel Pegatepan Pulasari Kangin, Peninjoan, Tembuku, senilai Rp480 juta dan pembangunan wantilan Pura Desa Desa Adat Peninjoan, Tembuku, senilai Rp330 juta.

Baca juga:  Jasad Emmeril Dimakamkan di Islamic Center Cimaung

Turut hadir mendampingi Bupati Giri Prasta, Wakil Ketua II DPRD Badung Made Sunarta, Kepala BPKAD Badung I.A. Istri Yanti Agustini, Kabag Tapem Made Surya Darma, Kabag Prokompim Made Suardita, anggota DPRD Bangli, Satria Yudha, Jro Gede Batur Alitan serta prajuru dan tokoh-tokoh desa adat di wilayah masing-masing.

Bupati Badung Giri Prasta menyampaikan, penyerahan bantuan hibah secara langsung kepada masyarakat Bangli merupakan wujud implementasi ajaran agama Hindu yaitu upasaksi, yang terdiri atas dewa saksi, manusia saksi dan bhuta saksi. “Penyerahan bantuan hibah ini secara langsung merupakan wujud dari manusa saksi, agar bantuan yang  disalurkan diketahui oleh semua masyarakat untuk menghindari adanya permasalahan sosial dan hukum di kemudian hari. Inilah wujud dari penyerahan bantuan secara transparan, akuntabel dan terbuka,” ujar Giri Prasta seraya menyebut bantuan ini merupakan hak masyarakat Bangli karena sudah sesuai dengan aspek yuridis, filosofis dan sosiologis.

Baca juga:  Rencana Pembangunan Patung Pemangku di Penelokan Tuai Pro-Kontra

Ia menjelaskan, program Badung Angelus Buana yaitu penyerahan bantuan hibah dari Badung untuk Bali yang bertujuan untuk menghidupkan sektor ekonomi kerakyatan sesuai arahan Presiden Joko Widodo. “Semoga pariwisata Badung bangkit cepat dan pulih cepat agar Kabupaten Badung bisa kembali memberikan bantuan ke daerah lain. Ini tidak ada muatan politik, ini murni untuk membantu meringankan beban masyarakat,” jelasnya.

Giri Prasta juga mengingatkan, masyarakat penerima hibah agar selalu bersatu padu melaksanakan semua program pembangunan di wilayah masing-masing.

Baca juga:  Tiga Bulan, Segini Jumlah Sampah Kiriman Dibersihkan di Kawasan Samigita

Sementara itu, para tokoh desa adat penerima hibah atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Bupati Giri Prasta karena telah menyerahkan bantuan dana untuk merampungkan pembangunan infrastruktur di bidang keagamaan. “Kami selaku masyarakat Bangli mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung Nyoman Giri Prasta karena dengan tulus telah membantu dan meringankan beban masyarakat Bangli,” ucap Gus Topok, tokoh masyarakat di Banjar Brahmana Bukit, Cempaga. (Adv/balipost)

BAGIKAN