Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster mendampingi Ketua Umum TP PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian saat berbelanja dan berbagi pada kegiatan Pasar Rakyat di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Renon, Denpasar, Jumat (2/9). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tim Penggerak PKK Provinsi Bali bersinergi dengan Kabupaten/Kota kembali melaksanakan kegiatan Pasar Rakyat. Setelah enam kali dilaksanakan di sejumlah kabupaten, Pasar Rakyat ke-7 digelar di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Renon, Denpasar, Jumat (2/9).

Kegiatan Pasar Rakyat ini menjadi istimewa karena dihadiri langsung oleh Ketua Umum TP PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian. Sama seperti kegiatan sebelumnya, Pasar Rakyat ini mengusung tema “Berbelanja dan Berbagi”.

Pengurus TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota yang hadir, langsung berbelanja di stand yang menjajakan berbagai kebutuhan. Mulai dari pangan hingga sandang.

Barang belanjaan itu kemudian dikemas dalam kantong belanjaan lalu dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut. Selain TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota, kegiatan ini didukung pula Pasikian Paiketan Krama Istri (PAKIS) Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali.

Dalam kegiatan ini terkumpul 500 paket bingkisan yang dibagikan kepada 200 penerima. Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ketua Umum TP PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian dalam pelaksanaan Pasar Rakyat tersebut.

Baca juga:  Ungkap Tiket Palsu, 12 Polisi Dapat Reward

Dikatakan, ketika Ny. Tri Tito Karnavian berkunjung ke te da stand, semua barang sudah kosong. Sebab, barang yang dijajakan sudah laris dan habis terjual.

Oleh karena itu, istri Gubernur Bali, Wayan Koster ini merasa sangat bersyukur karena dengan didasari niat yang fokus, tulus dan lurus, semesta merestui kegiatan ini dengan cuaca cerah. Dikalkulasi hingga pukul 10.00 WITA, transaksi di pasar rakyat telah mencapai Rp350 juta. “Ini juga merupakan berkah dari kehadiran Ketua Umum TP PKK Pusat,” ujar Putri Suastini Koster.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa kegiatan ini berawal dari rasa empati atas kondisi prihatin yang dihadapi masyarakat Bali akibat dampak dari pandemi COVID-19. Berangkat dari rasa empati itu, TP PKK Provinsi Bali bersinergi dengan Kabupaten/Kota se-Bali menggagas aksi sosial dengan tagline “berbagi.” “Kita laksanakan beberapa kegiatan yaitu berbhakti dan berbagi, menyapa dan berbagi hingga berbelanja dan berbagi. Semua kegiatan punya semangat berbagi. Ini merupakan aksi nyata kami dalam mengaktualisasikan 10 program pokok PKK,” ungkapnya.

Selain aksi sosial, TP PKK Bali juga gencar melakukan kegiatan sosialisasi. Tak hanya fokus pada Program PKK, tapi juga aktif mensosialisasikan kebijakan pemerintah.

Baca juga:  Tolak MUDP Urus LPD

Salah satu program pemerintah yang saat ini intens disosialisasikan TP PKK adalah upaya penurunan angka stunting. Menggandeng pakar yang paham di bidangnya, TP PKK Bali gencar melakukan sosialisasi tentang stunting melalui media televisi hingga radio.

Dalam upaya penurunan angka stunting, TP PKK juga menyalurkan bantuan beras dan sembako dengan sasaran ibu hamil dengan KEK (Kekurangan Energi Kronik) serta balita gizi buruk.

Kegiatan pasar rakyat yang digagas TP PKK Bali mendapat apresiasi luar biasa dari Ketua Umum TP PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian. Ia menilai, kegiatan ini sejalan dengan semangat gerakan TP PKK, yaitu pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Bali, seluruh komponen sudah dapat merasakan semangat leadership Ketua TP PKK Bali Ny. Putri Koster dalam mengarahkan, memotivasi dan menggerakkan Kabupaten/Kota dengan program konkret dan tak hanya terjebak pada acara seremonial.

“Ini luar biasa, kegiatan yang sangat konkret dan manfaatnya tak hanya dirasakan oleh pelaku UMKM tapi juga oleh masyarakat hingga unsur keluarga. Ini membuktikan bahwa anggaran TP PKK betul-betul dimanfaatkan untuk memberdayakan segala potensi yang dimiliki,” ujar Ny. Tri Tito Karnavian.

Baca juga:  KPU Tetapkan PASS Menang, Pelantikan Tunggu Pusat

Pada kesempatan itu, ia juga memuji inisiatif TP PKK Bali dalam menggerakkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Dikatakan, UP2K mempunyai dampak positif bagi keluarga dan manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat Bali yang mengalami keterpurukan ekonomi karena Pandemi COVID-19. “Program-program yang dilaksanakan TP PKK Bali mendorong kreativitas UMKM sehingga mereka mampu membuat terobosan. Saya berharap kegiatan yang dilaksanakan TP PKK Bali bisa dicontoh oleh daerah lain,” pungkasnya.

Selain melibatkan jajaran TP PKK Bali dan Kabupaten/Kota, ASN Pemprov Bali juga dikerahkan untuk berbelanja di pasar rakyat. ASN Pemprov Bali nampak antusias mengunjungi stand yang membeli berbagai barang yang ditawarkan. Pada acara pasar rakyat itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menyerahkan bantuan bibit cabai kepada Ketua TP PKK Provinsi Bali yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *