I Gede Loka Santika. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Koperasi yang tidak aktif beroperasi di Kabupaten Karangasem cukup banyak. Berdasarkan data yang di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Karangasem (Diskop UKM Perindag) Karangasem ada seratusan koperasi yang tak aktif.

Kepala Diskop UKM Perindag Karangasem, I Gede Loka Santika, menjelaskan di Karangasem ada sebanyak 335 koperasi. Dari jumlah itu, tercatat ada sebanyak 108 koperasi yang tidak aktif.

Baca juga:  Ratusan Koperasi di Badung Tak Kebagian Stimulus, Ini Alasannya

Setelah dilakukan pendampingan dan pembinaan, ada tujuh koperasi yang menyatakan siap untuk kembali beroperasi. Loka Santika menambahkan, koperasi yang tak aktif itu disebabkan beberapa permasalahan.

Salah satunya, bencana erupsi Gunung Agung pada 2017 lalu. Itu menjadi cikal bakal ratusan koperasi di Karangasem kolaps.

Selain menghadapi permasalahan tersebut, pengelolaan koperasi di Karangasem juga terkendala Sumber Daya Manusia (SDM). “Bagi koperasi yang masih bisa, kami upayakan untuk dibina, dilakukan pendampingan,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Tahun Ini Diskop Tabanan akan Bubarkan 16 Koperasi
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *