Petugas menyiapkan vaksin COVID-19 dosis ketiga. Pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi boster untuk mempercepat terciptanya kekebalan komunal. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Realisasi vaksinasi booster di Kabupaten Badung belum mencapai target 80 persen. Bahkan, hingga kini vaksinasi tahap ketiga ini baru mencapai kisaran 58 persen hingga 61 persen. Hal itu terungkap dalam Rapat Evaluasi Vaksin Dosis 3 (Booster) dan PPKM Covid-19, bertempat di Ruang Rapat RJ Wakil Bupati, Puspem Badung, Selasa (23/8).

Wabup Suiasa mengatakan, bahwa pihaknya di Satgas Kabupaten Badung sudah melakukan rapat koordinasi bersama seluruh tim satgas, hal ini dalam rangka untuk melakukan upaya-upaya yang lebih cepat dan untuk mencapai tujuan. “Pertama untuk melakukan vaksinasi booster atau vaksin 3 yang target diharapkan 80%, karena pada saat ini untuk vaksin booster yang ber KTP Badung sekarang ini di tiap kecamatan baru di kisaran angka 58 persen hingga 61persen,” ungkapnya.

Baca juga:  COVID-19 Masih Merebak di Indonesia, Ini Kata Puan Maharani

Karena itu, pihaknya akan terus menerus melakukan konsolidasi di Satgas dan membuka komunikasi kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan tingkat kesadaran mereka untuk melakukan vaksin. Di samping pemberian vaksin booster juga diharapkan dilaksanakan testing kepada masyarakat sekitar 500 orang dalam rangka bagaimana mencegah pengalaman yang lalu, yaitu social distancing sehingga ini tidak terjadi kembali. “Kalau kita tidak ingin mengalami hal seperti sebelumnya, maka apa langkah-langkah secara medis ini yang harus kita lakukan dan upaya-upaya strategis untuk mengantisipasi yang terjadi,” katanya.

Baca juga:  Investasi di Buleleng Melorot Pascapandemi COVID-19

Direktur RS Mangusada I Wayan Darta menerangkan, capaian vaksinasi dosis ketiga di kecamatan per 22 Agustus 2022 diantaranya untuk Kecamatan Petang dengan 24.889 sasaran baru tercapai 14.768 sasaran atau sekitar 57 persen. Untuk Kecamatan Abiansemal dengan 72.940 sasaran, tercapai 43.259 sasaran atau sekitar 57 persen.

Selanjutnya, Kecamatan Mengwi dengan 87.057 sasaran baru tercapai 59.485 sasaran atau sekitar 59 persen. Kecamatan Kuta dengan 41.545 sasaran, tercapai 28.042 sasaran atau sekitar 59 persen. Dilanjutkan Kecamatan Kuta Utara dengan 65.180 sasaran, tercapai 39.064 sasaran atau sekitar 58 persen. “Total di Kabupaten Badung untuk vaksinasi dosis 3 dengan 375.642 sasaran, baru tercapai 234.979 sasaran atau sekitar 59,17 persen,” jelasnya.

Baca juga:  Kembali Naik! Hari Ini Tambahan Kasus COVID-19 Bali Lampaui 500 Orang

Karena itu, untuk meningkatkan lagi partisipasi masyarakat dalam vaksinasi dosis ketiga ini kedepannya akan dilakukan peningkatan tracing, penguatan testing (Active Case Finding), penguatan protokol kesehatan, percepatan vaksinasi booster (target 80%), peningkatan manajemen data melalui aplikasi Sistem Penginputan Rapid Antigen (NAR) dan Silacak. “Jika terjadi eskalasi kasus yang tidak terkendali terutama setelah ramainya kembali pariwisata Bali dan event Internasional akan dilakukan Skenario Sistem Kesehatan,” imbuhnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *