Sebuah palinggih milik warga di Sidemen roboh akibat dilanda bencana gempa bumi. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Selain di Gianyar, gempabumi yang melanda Bali pada Senin (22/8) pukul 16.36 WITA juga menyebabkan kerusakan di Karangasem. Kerusakan akibat gempa bermagnitudo 5,8 ini cukup ringan.

Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, Selasa (23/8) mengungkapkan, sesaat setelah terjadinya bencana gempa bumi itu, pihaknya langsung melakukan koordinasi dan melakukan pengumpulan data ke seluruh Kecamatan. “Dari laporan sementara, memang ada kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut,” ujarnya.

Baca juga:  Ini, Makna Gempa di "Sasih Kasanga"

Arimbawa, mengatakan, hingga saat ini data kerusakan akibat bencana itu, yakni ada di Banjar Dinas Pengalusan, Desa Ban, Kecamatan Kubu. Di sana pondasi rumah milik I Nyoman Landep jebol.

Kemudian, kerusakan di Kecamatan Selat, tepatnya di Banjar Dinas Babakan, Desa Pering Sari. Tembok rumah milik I Gusti Lanang retak. Dan di Banjar Dinas Pungutan, Desa Tri Buwana, Kecamatan Sidemen, sebuah palinggih atau tugu patah.

Baca juga:  Poso Diguncang Gempa Berpusat di Darat

“Kerusakan yang terjadi masih kategori ringan dan sedang. Sedangkan, untuk di kecamatan yang lainnya hingga saat ini masih belum ada laporan kerusakan yang terjadi di wilayah tersebut. Informasi dan data kami himpun dari Staf Desa dan masyarakat. Data ini sifatnya sementara, bilamana ada laporan tambahan akan segera kita di update,” kata Arimbawa. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN