Sejumlah nelayan di Gilimanuk yang tergabung dalam kelompok nelayan bersama warga, mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih di Pantai Karangsewu, Gilimanuk, Rabu (17/8). (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah nelayan di Gilimanuk yang tergabung dalam kelompok nelayan bersama warga, mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih di Pantai Karangsewu, Gilimanuk, Rabu (17/8). Upacara pengibaran bendera Merah Putih ini untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Sejumlah warga yang mencari nafkah di Gilimanuk seperti Paguyuban Transportasi Wisata Teluk Gilimanuk, pedagang asongan, pokdarwis serta guru TK berbaur bersama petugas Kepolisian (Polair) dan Pos TNI AL Gilimanuk juga turut dalam upacara ini. Selain mengikuti pengibaran bendera Merah Putih, para peserta terutama nelayan dan paguyuban transportasi juga berkeliling di perairan Teluk Gilimanuk naik jukung sembari mengibarkan merah putih.

Baca juga:  Di Tabanan, Gelombang Tinggi Capai 4 Meter

Lurah Gilimanuk, Ida Bagus Tony Wirahadikusuma mengatakan kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI ini merupakan inisiatif dari warga bersama jajaran pengamanan laut baik itu Polair dan Pos TNI AL Gilimanuk. “Ada sekitar 100 warga yang hadir mengikuti upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI di Pantai Karangsewu,” kata Tony Wirahadikusuma.

Bendera merah putih juga dikibarkan di bangunan bambu di tengah Teluk Gilimanuk oleh para peserta setelah berkeliling menggunakan jukung. Meskipun secara sederhana peringatan diikuti antusias oleh warga termasuk para nelayan. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Nelayan Hilang, Pencarian Diperluas ke Perairan Nusa Penida
BAGIKAN