Wayan Koster. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com –  Kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster terus meraih prestasi yang membanggakan. Kali ini, Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini berhasil membawa Pemerintah Provinsi Bali mendapat penghargaan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Dalam HUT Koperasi ke-75 dengan mengusung tema “Percepatan dan Perkuatan Kedaulatan Pangan Serta Energi Terbarukan Melalui Peran Koperasi dan Kelompok Perempuan” yang dilaksanakan di Prime Plaza Sanur, Kamis (14/7), Gubernur Koster berhasil meraih penghargaan sebagai pembina koperasi terbaik se-Indonesia bersama dengan tiga Gubernur lainnya. Yaitu, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sulawesi Tenggara dan Gubernur Kalimantan Utara.

Baca juga:  Dewan Dukung Adanya Stimulus untuk Koperasi

Ketua Umum Dekopin, Sri Untari Bisowarno menyerahkan langsung penghargaan kepada Gubernur Bali yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Wayan Ekadina, S.E, M.Si atas kontribusi Gubernur Bali yang dinilai berhasil membina koperasi Bali menjadi koperasi yang unggul, mandiri dan berdaya saing. Khususnya dalam hal pembinaan koperasi guna percepatan dan perkuatan kedaulatan pangan serta energi terbarukan.

“Tema HUT Koperasi sangat aktual, mengingat persoalan pangan dan energi menjadi persoalan yang sangat serius dewasa ini. Ini menunjukkan Koperasi turut hadir memperkuat ketahanan pangan serta mendukung energi terbarukan,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam sambutannya.

Baca juga:  Tukang Parkir Kembali Disasar OTT Tim Saber Pungli

Ia menyampaikan juga upaya Pemerintah Provinsi Bali dalam membina Koperasi Bali menjadi koperasi yang unggul, mandiri dan berdaya saing.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM dalam sambutan virtualnya menyampaikan bahwa fokus pemberdayaan koperasi saat ini menyasar sektor riil terutama pada sektor pangan. Pemerintah Republik Indonesia saat ini fokus mendukung pengembangan koperasi tani dan nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan termasuk mendukung penelitian pangan berbasis keunggulan komoditas lokal.

Baca juga:  Jenazah PMI di Turki Tiba di Rumah Duka

Selain itu, dia berharap koperasi dapat terus berinovasi tanpa meninggalkan asas kekeluargaan, kebersamaan dan gotong-royong.

Bersamaan dengan perayaan HUT Koperasi Indonesia tersebut, Dewan Koperasi Indonesia juga meluncurkan aplikasi terbaru mereka. Yaitu, Coop-Pay yang merupakan aplikasi pembayaran dan pembelian berbagai layanan biller secara elektronik dengan menggunakan uang elektronik Speedcash. Inovasi dari Dekopin ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi di seluruh koperasi di Indonesia. (kmb/balipost)

BAGIKAN