Petugas menyuntikan vaksin PMK pada seekor sapi milik peternak di Pemogan, Denpasar pada Kamis (7/7). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Populasi sapi di Denpasar mencapai ribuan ekor. Dari total populasi itu, baru ratusan yang menerima vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, I Made Ngurah Sugiri, Selasa (12/7) mengatakan saat ini populasi sapi sebanyak 4.290 ekor. Rinciannya, Denpasar Selatan 1.806 ekor, Denpasar Timur 1.216 ekor, Denpasar Barat 492 ekor, dan Denpasar Utara 776 ekor.

Selain itu, ada juga kerbau sebanyak dua ekor, kambing atau domba sebanyak 189 ekor. Sementara populasi babi sebanyak 4.601 ekor dengan rincian Densel 866 ekor, Dentim 1.857 ekor, Denbar 1.352 ekor, dan Denut sebanyak 526 ekor.

Baca juga:  Ternak Masuk Bali Masih Dilarang! 4 Kabupaten di Jatim Ini Masuk Daerah Wabah PMK

Untuk vaksinasi PMK, ia mengatakan saat ini tercatat 275 ekor sapi yang menerimanya. Kegiatan vaksin ini telah dilakukan di Desa Pemogan, Desa Padangsambian Kelod, Kelurahan Renon, dan Desa Sidakarya. Selanjutnya disasar ternak yang ada di Kesiman.

Sugiri mengatakan, setelah vaksinasi pertama ini, sapi yang sama akan diberikan vaksin booster empat minggu berikutnya. “Selain itu, lagi 6 bulan kalau sapinya belum dipotong akan kami berikan vaksin PMK lagi untuk menambah kekebalan tubuh sapi,” kata Sugiri.

Baca juga:  Pasar Hewan di Karangasem Tutup Sementara, Pendapatan Ratusan Juta Berpotensi Hilang

Masih minimnya sapi yang divaksinasi, dikatakannya karena Denpasar baru mendapat jatah vaksin 1.000 dosis. Nantinya jika sudah habis, pihaknya akan melakukan amprah lagi ke provinsi. Vaksinasi ini diutamakan terlebih dahulu untuk sapi. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *