Wisatawan saat turun di Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan ke Nusa Penida perlahan mulai pulih. Fast boat bergantian menurunkan penumpang, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, yang berbaur dengan warga lokal. Kunjungan wisatawan terus menunjukkan tren peningkatan sejak Mei lalu dan diperkirakan akan terus merangkak naik sampai Agustus nanti.

Wisatawan nampak memadati Nusa Penida, sejak Mei lalu. Memasuki bulan Juli, aktivitas fast boat semakin disibukkan dengan kedatangan wisatawan. Seperti yang terlihat pada Minggu (10/7), dalam suasana hari libur Idul Adha 1443 hijriyah, fast boat terlihat makin banyak menurunkan penumpang dari wisatawan di sejumlah pelabuhan rakyat di Nusa Penida. Hiruk pikuk kesibukan aktivitas berwisata, salah satunya dapat dilihat dari Pelabuhan Rakyat Banjar Nyuh, Nusa Penida.

Baca juga:  Menko Luhut Sebut Pariwisata Mulai Pulih, Ini Salah Satu Indikatornya

Mayoritas wisatawan mengaku sudah lama menunggu hari dimana bisa berlibur lagi ke Nusa Penida, pascapandemi Covid-19, guna menikmati keindahan alam dan segenap objek wisata setempat. Selain itu, juga ada yang ingin mengobati rasa penasaran, terhadap tempat-tempat indah, yang telah lama viral di media sosial dan ingin melihatnya langsung dari dekat. Baik itu bentang pantainya maupun keindahan alam bawah lautnya.

Salah satu pramuwisata setempat, Astawa, mengatakan pada hari libur nasional, kunjungan wisatawan selalu naik signifikan. Seperti saat libur hari raya Idul Adha, wisatawan nusantara dan mancanegara, berbaur dalam satu fast boat dengan warga Nusa Penida, yang diangkut dari Pelabuhan Sanur Denpasar. Menurut Astawa, mayoritas wisatawan datang ke Nusa Penida berlibur hanya sehari. Sebelum gelap, wisatawan sudah balik ke Bali Daratan, karena menginapnya di daerah Sanur maupun Ubud. “Kunjungan wisatawan didominasi dari Eropa dan sebagian lainnya dari berbagai negara lain di Asia,” katanya.

Baca juga:  Tambahan Kasus Positif COVID-19 di Bali Melonjak, Dominasi Penularan Bergeser

Salah satu wisatawan saat ditemui di lokasi, Agus Wiratama, mengaku sudah lama terkesan dengan keindahan alam Nusa Penida. Dia menikmati keindahan Nusa Penida selama sehari penuh. Dia pergi ke tempat-tempat yang sudah populer, seperti Klingking Beach, Crytal Bay, Broken Beach dan lainnya. Meski kunjungan wisatawan sudah berlahan merangkak naik lagi, tetapi tidak ditemukan lagi ada kemacetan. Ini menandakan kantong-kantong parkir yang sudah dibuat sudah bermanfaat dengan baik. (Bagiarta/Balipost)

Baca juga:  Tabanan Belum Bisa Penuhi Kebutuhan Ikan Lele

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *