Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com –  Rangkaian HUT ke-65, Kodam IX/Udayana menggelar upacara Pitra Puja kepada pahlawan nasional Brigjen TNI (anumerta) I Gusti Ngurah Rai, Senin (23/5). Upacara ini merupakan wujud penghormatan sebagai pahlawan nasional dari Bali yang berperang bersama pasukan Ciung Wanara sampai titik darah penghabisan melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan di Puri Carangsari, Petang, Badung, dihadiri Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto. Dalam sambutannya, Pangdam Mayjen Sonny menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan keselamatan, kekuatan serta pemikiran yang jernih serta suci sehingga mampu mengemban tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Baca juga:  Dukung Operasi Pendisiplinan Prokes, Ini Dilakukan Mabes TNI

“Kita ketahui bersama, I Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu sosok pahlawan nasional kebanggaan masyarakat Bali. Diusianya yang relatif sangat muda, beliau telah berjuang tanpa pamrih. Sejarah telah membuktikan bahwa perjuangan beliau dalam memimpin pasukan Ciung Wanara, bertempur dengan sangat heroik melawan pasukan penjajah di Margarana,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sonny menceritakan jika sosok I Gusti Ngurah Rai bersama pasukannya telah menggelorakan dan membuktikan semangat Puputan, yakni semangat bertempur sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI. Oleh karena itu, Mayjen Sonny mengajak masyarakat Bali menjadikan nilai-nilai luhur perjuangan I Gusti Ngurah Rai sebagai suri tauladan dan pedoman untuk mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Baca juga:  HUT Ke-63 Kodam IX/Udayana, BNI Serahkan 1 Unit Ambulance dan 100 Paket Sembako

Nilai-nilai luhur yang tak akan pernah luntur oleh zaman inilah sebagai pedoman dalam upaya mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Ini disesuaikan profesi masing-masing dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *