Suasana di Pantai Petitenget, Badung, Jumat (13/5/2022). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster menyebut ribuan wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi Bali setiap harinya. Kondisi ini menjadi penanda bangkitnya perekonomian Bali di 2022.

Menurut Koster, Selasa (17/5), sebanyak 3 sampai 4 ribu wisman datang ke Bali sejak dilonggarkannya beberapa kebijakan perjalanan. Apalagi, rute penerbangan internasional yang langsung menuju ke Bali sudah dibuka dari 14 negara.

Dalam meyakinkan Bali aman dikunjungi, protokol kesehatan COVID-19 tetap diberlakukan. Selain itu, kasus juga stabil dan cenderung menurun, serta capaian vakasinasi booster sudah hampir mencapai 70 persen. “Tertib, semua pakai masker, perkembangan pandemi Covid -19 di Provinsi Bali pengelolaannya juga semakin baik, situasi yang semakin kondusif. Rata-rata kasunya muncul 10 sampai 20, itu pun orang tanpa gejala,” ujar Gubernur Koster disela-sela Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bali.

Baca juga:  Kanwil Kemenkumhan Bali Beri Bantuan Hukum Gratis Warga Terdampak COVID-19

Diungkapkan, bahwa kasus sembuh di Bali di atas rata-rata. Sedangkan kasus meninggal nihil. “Jadi tidak ada lagi yang meninggal. Situasi pencapaian vaksinasinnya juga yang semakin tinggi di Indonesia. Baksin booster mencapai 70 persen, tertinggi di Indonesia dan tercepat pencapainnya,” papar Gubernur Koster.

Ia menegaskan bahwa situasi Bali saat ini aman dan nyaman untuk dikunjungi oleh wisman dan wisatawan domestik (wisdom). Terlebih diberlakukannya juga tanpa karantina dan penerapan Visa On Arrival (VoA). “Awalnya hanya untuk 29 negara, bertambah 40, dan bertambah lagi untuk 60 negara,” tegasnya.

Baca juga:  Bergeser, Kontribusi Tabungan Kalahkan Deposito di DPK Bali

Dikatakan, peningkatan wisatawan 3 ribu sampai  4 ribu wisman per hari berasan dari penerbangan 14 negara yang langsung ke Bali. Sementara, wisdom bergerak 13 ribu samapai 18 ribu per harinya lewat udara. “Sekarang sudah mulai kelihatan kunjungan wisdom dan wisman cukup tinggi. Ini jadi penanda Bali bangkit kembali perekonomiannya pada tahun 2022,” pungkasnya. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *