Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebanyak 179.083 kendaraan pada H1 perayaan Idul Fitri atau Lebaran 2022 pada 2 Mei, meninggalkan Jabotabek dari empat Gerbang Tol (GT) Utama yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung). Jumlah itu naik 34,3 persen jika dibandingkan lalu lintas normal periode November 2021 dengan total 133.308 kendaraan.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan lalu lintas (lalin) yang menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama mencapai 70.294 kendaraan, naik hingga 145 persen terhadap lalu lintas normal. “Kami juga melihat kenaikan yang signikan untuk lalu lintas yang mengarah ke Bandung melalui GT Kalihurip Utama yaitu sebanyak 37.954 kendaraan, naik 41,4 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal,” ujar Heru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (3/5).

Baca juga:  Polisi Tindak Tegas Kendaraan Berknalpot Brong

Sementara itu untuk yang ke arah Merak melalui GT Cikupa, sebanyak 32.093 kendaraan, turun 31,3 persen dari lalu lintas normal. Sedangkan untuk yang ke arah Puncak mencapai 38.742 kendaraan, naik 24,7 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal

Heru mengatakan Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang masuk ke Jabotabek pada H1 Lebaran 2022 kemarin dan secara tren masih menurun jika dibandingkan dengan lalu lintas normal. “Untuk kendaraan yang masuk ke wilayah Jabotabek pada periode yang sama, kami catat menurun dibandingkan dengan periode normal. Secara total, pada H1 Lebaran 2022 kemarin, kami mencatat sebanyak 93.818 kendaraan, turun hingga 31,9 persen dari periode normal,” ujarnya. Menurut Heru, jumlah ini juga merupakan kumulatif dari empat gerbang tol utama di arah timur, barat dan selatan. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Honda ADV150, Andalan Skutik Penjelajah Jalanan dari AHM

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *